Begini Caranya Atasi Speech Delay Pada Anak Atau Anak Telat Berbicara

0
19
Atasi Speech Delay Pada Anak.
Atasi Speech Delay Pada Anak.

Picolozine.com, Terkadang pertumbuhan setiap anak berbeda-beda, ada anak yang mendahulukan aktivitas fisik seperti berjalan terlebih dahulu namun ada juga yang mengedepankan berbicara. Kali ini kita akan memberikan informasi tentang cara mengatasi atasi speech delay pada anak, karena ternyata masih banyak anak yang mengalami keterlambatan berbicara.

Atasi Speech Delay Pada Anak.
Atasi Speech Delay Pada Anak.

Anak yang mengalami speech delay tentunya akan membuat orang tuanya khawatir, karena biasanya anak akan mulai bawel dan bericara dari umur bayi. Maka jika ada anak yang mengalami speech delay hingga umur si anak akan menginjak dewasa, sebaiknya para orang tua harus bergegas membawanya ke dokter ahli.

Namun kita akan memberikan cara untuk mengatasi speech delay pada anak, sehingga para orang tua dapat mencobanya dirumah.

Perdengarkan Lagu Anak-anak

Anak-anak menyukai musik dan lagu. Oleh karena itu, untuk menarik minatnya, perdengarkanlah lagu anak-anak yang memiliki lirik sederhana dan mudah ditiru. Ketika mendengarkan lagu, anak diharapkan akan meniru kata-kata pada lirik lagu. Selanjutnya, secara perlahan, anak bisa menguasai dan menggunakan kosakata yang didengarnya. Beberapa pilihan lagu anak-anak yang bisa diperdengarkan adalah Balonku, Pelangi, Naik Kereta Api, Topi Saya Bundar, dan sebagainya.

Bercerita atau Mendongeng

Selain musik dan lagu, anak-anak juga menyukai cerita. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi anak terlambat bicara adalah bercerita atau mendongeng. Selain dapat melatih daya imajinasinya, ketika mendengarkan cerita, anak akan belajar mengenal beragam kosakata.

Atasi Speech Delay Pada Anak.
Atasi Speech Delay Pada Anak.

Alternatif lainnya, Anda bisa membaca buku bersama anak. Aktivitas ini sangat penting untuk meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Anak pun memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk mempelajari kosakata baru. Jangan lupa, mintalah anak mengulangi kata-kata yang menarik baginya. Bantu ia mengucapkannya dengan benar.

Menggunakan Bahasa Isyarat

Cara lain atasi speech delay pada anak adalah dengan menggunakan bahasa isyarat. Ini merupakan bahasa yang mengombinasikan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir. Menurut penelitian, bayi yang diajarkan bahasa isyarat akan lebih cepat lancar berbicara ketimbang bayi yang tidak diajarkan bahasa isyarat.

Alasannya karena bahasa isyarat dapat mengoptimalkan perkembangan kemampuan bicara anak. Bahasa isyarat juga dapat memotivasi anak untuk mengucapkan kata-kata. Karena itu, jangan takut menggunakan bahasa isyarat pada anak. Salah satu contohnya adalah menggerakkan kepala sambil mengucapkan, “Tidak” untuk melarang.

Mengajak Anak Berkomunikasi

Orang tua kadang kala terlalu sibuk untuk mengajak anak berinteraksi secara langsung. Di rumah, anggota keluarga juga jarang bercakap-cakap. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, khususnya pada kemampuan verbalnya. Karena tidak sering diajak berkomunikasi, anak pun tidak tahu cara mengungkapkan sesuatu dengan benar.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua maupun anggota keluarga lain mengajak anak berbicara. Meskipun anak belum mampu mengungkapkan perasaannya dengan jelas, orang tua harus tetap melatih anak. Misalnya, mengajukan beberapa pertanyaan singkat yang membuat anak terpancing untuk menjawab. Proses ini akan memacu anak untuk belajar membentuk kalimat yang lebih lengkap dan bisa dipahami.

Beri Penghargaan

Salah satu hal penting yang harus diketahui orang tua tentang pola asuh anak adalah kebutuhan anak akan penghargaan. Memberikan penghargaan bisa dibilang lebih efektif memotivasi anak untuk mencapai sesuatu ketimbang memberikan sanksi atau hukuman.

Konsep ini juga berlaku pada saat anak sedang belajar berbicara. Ketika anak berhasil mengucapkan beberapa kata atau merangkai sebuah kalimat, jangan lupa untuk melontarkan pujian. Pujian yang tulus dari orang tua akan membuatnya semakin semangat untuk belajar.

Nah itulah cara atasi speech delay pada anak,jadi untuk para orang tua sebaiknya cobalah menerapkan cara di atas pada anak sejak dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here