Cara Tepat Menggendong Bayi Sesuai Dengan Umurnya

0
27
Cara Tepat Menggendong Bayi.
Cara Tepat Menggendong Bayi.

Picolozine.com, Memiliki seorang bayi memang sangat di idamkan oleh banyak pasangan, ketika bayi tersebut sudah lahir tentunya banyak orang bergembira disekitarnya. Biasanya banyak sekali orang yang ingin menggendong bayi, namun tidak sedikit dari mereka yang tidak tahu cara menggendong bayi. Untuk itu kita akan memberikan informasi tentang cara tepat menggendong bayi sesuai umurnya, karena menggendong bayi secara sembarangan akan membahayakan bayi itu sendiri.

Cara Tepat Menggendong Bayi.
Cara Tepat Menggendong Bayi.

Mengendong bayi secara sembarangan akan membuat bayi merasa tidak nyaman, selain itu bayi juga rentan terkena resiko cidera. Oleh karena itu sebaiknya setiap ibu atau orang yang ingin menggendong bayi, wajib mengetahui cara menggendong bayi yang tepat sesuai umurnya di bawah ini.

 Usia 0—3 Bulan

Banyak orangtua baru takut menggendong bayi. Memang perlu belajar, caranya mendekat ke bayi lalu bungkukkan badan dan selipkan satu tangan kita ke bagian leher untuk menyangganya. Dilanjutkan dengan meletakkan tangan di bagian belakang tubuh bayi untuk menopang punggung dan bokongnya.

Cara Tepat Menggendong Bayi.
Cara Tepat Menggendong Bayi.

Selanjutnya, pastikan bagian punggung, leher, dan kepala bayi diletakkan di lipatan siku, lalu bagian belakang tubuh bayi ditopang oleh telapak tangan, sehingga bokong dan kakinya otomatis ditopang lengan (cradling hold), kemudian dekatkan wajahnya ke dada kita sehingga ia merasa nyaman. Semuanya harus dilakukan secara perlahan.

Bisa juga bayi digendong dalam posisi tegak, kepala bayi di atas bahu kita dan menghadap ke belakang. Topang leher dan kepalanya dengan satu tangan, sementara tangan lainnya menopang bokong dan sebagian punggung. Untuk posisi duduk, bisa dilakukan setelah usia 1 bulan.

Bayi diposisikan setengah duduk di atas lengan, sementara lengan yang lain memegang dada dan kepalanya bersandar di dada. Bisa juga posisi shoulder hold, yaitu bayi digendong dalam posisi tegak 45 derajat, perut bayi bersentuhan dengan dada ibu. Syaratnya, bayi harus sudah bisa mengangkat lehernya ketika tengkurap.

Jika menggunakan kain gendongan, pastikan tubuh bayi sudah tersangga dengan baik. Pasang kain gendongan secara baik. Sering-seringlah melihat posisi bayi karena bisa saja posisinya berubah dan membuatnya tak nyaman.

Ubah kembali ke posisi yang menurut kita akan membuat bayi merasa lebih nyaman. Beberapa kain gendongan lebih fokus menyangga tubuh bayi bagian bawah, karena itu gunakan tangan Mama/Papa untuk menyangga tubuh bagian atas bayi.

Usia 3—6 Bulan

Di usia ini, trik menggendong bayi lebih mudah. Karena  biasanya bayi lebih senang digendong dengan posisi duduk menghadap ke depan, karena ia sudah mampu duduk di pangkuan dan tidak betah dibaringkan. Di usia 4 bulan, posisi bayi sudah lebih luwes, bisa digendong menghadap ke depan, belakang, atau berhadapan.

Di usia 5 bulan, sebaiknya gunakan kain gendongan karena tubuhnya sudah semakin berat. Posisinya bisa didudukkan di pinggang, di depan perut dengan posisi berhadapan dan ditopang salah satu lengan. Dengan begitu kita tetap bisa melakukan aktivitas lebih mudah.

Usia di atas 6 Bulan

cara tepat menggendong bayi berusia di atas 6 bulan lebih mudah, mengingat ototnya sudah kuat, banyak posisi menggendong yang bisa dilakukan di usia ini. Ibu bisa menggendongnya dengan cara didudukkan di depan dada sementara satu tangan menopang bokong dan tangan lainnya melingkar di perut.

Menggendong duduk dengan posisi setengah berhadapan dimana satu tangan menopang bokong, lalu tangan lain menopang pinggang; atau menggunakan alat gendong punggung sehingga bayi bisa digendong di atas punggung.

Nah itulah cara tepat menggendong bayi sesuai dengan umurnya, jadi sebaiknya sebarkan informasi ini jika ada orang yang ingin menggendong bayi kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here