Hal Pentng Yang Harus Di Ingat Orang Tua Saat Akan Mengajari Anak Membaca

0
21
Mengajari Anak Membaca.
Mengajari Anak Membaca.

Picolozine.com, Salah satu tugas penting orang tua adalah mengajari anak membaca, dengan begitu  akan memiliki bekal yang sangat penting untuk kedepanya. Selain itu mengajarkan anak membaca dapat meningkatkan  minat baca anak, dengan begitu anak akan memiliki wawasan yang luas.

Mengajari Anak Membaca.
Mengajari Anak Membaca.

Apalagi di jaman sekarang kita tidak memerlukan buku fisik untuk membaca, karena telah hadir beberapa e-Book dan bacaan yang tak terbatas di internet.

Ketika orang tua mengajarkan anak membaca, tidak sedikit dari mereka yang salah dalam penggunaan metode pengajarannya. Sehingga banyak anak yang tidak mengerti dan malam membaca, jika sudah seperti itu tentu akan sangat merugikan. Untuk itu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua, agar dapat mengajari anak membaca dengan baik dan benar.

Tidak Memaksa Anak

Jangan terlalu memaksakan kehendak supaya anak bisa cepat membaca, jangan pula membanding-bandingkan anak dengan mereka yang sudah bisa membaca, karena setiap anak punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing, ikuti saja alurnya.

Rileks Saat Mengajari Anak

Dalam mengajari anak membaca orangtua harus bisa rileks dan santai jangan terlalu kaku atau tegang. Jika kondisi sedang tidak mendukung, akan lebih baik kegiatan belajarnya ditunda terlebih dahulu sampai suasananya mendukung, baru setelah itu dilanjutkan.

Hindari Anak Mengajarinya Dengan Abjad Yang Rumit

Dalam mengajari anak membaca hindarilah penggunaan abjad yang rumit, karena ini akan membuat anak berpikir lebih keras dan yang ada malah cepat bosan nantinya. Ada baiknya gunakan kata-kata terlebih dahulu di tahap awal pembelajaran.

Pahami Suasana Hati Anak Sebelum Memulai Proses

Memahami mood anak sebelum memulai belajar adalah hal wajib yang harus diperhatikan oleh para orangtua. Jangan sampai ketika sang anak sedang marah, lapar, lelah atau mengantuk kita ajak untuk belajar. Dalam kondisi seperti ini tentu anak akan sulit bahkan tidak mau untuk diajak belajar. Belajar yang menyenangkan akan sangat bergantung pada mood anak.

Jangan Teralu Lama Dalam Mengajarkan Anak Membaca

Proses belajar yang terlalu lama tentu akan terasa membosankan bagi anak, jadi sebaiknya ketika baru awal-awal memulai proses belajar cukuplah hanya sekitar 15 sampai 20 menit saja.

Mengajari Anak Membaca.
Mengajari Anak Membaca.

Gunakan Metode Yang Dapat Menghibur Anak

Untuk meningkatkan minat baca anak, sebaiknya orang tua menggunakan metode yang sangat menghibur untuk anak. Jadi kita mengajarkan anak dengan cara bermain, sehingga anak dapat tertarik dan dapat memahami apa yang sedang kita ajarkan.

Usahakan Agar Anak Membaca Setiap Hari

Agar anak bisa cepat membaca usahakan untuk mengajarinya setiap hari, jadi orangtua harus menyisihkan waktu untuk mengajari sang anak tiap harinya. Awalilah proses belajar dengan bacaan yang ringan, mudah dan menyenangkan untuk membentuk mood anak terlebih dahulu, misalnya dengan menggunakan cerita bergambar, baru setelahnya secara bertahap dilanjutkan dengan bacaan yang lebih kompleks.

Berikan Beberapa Pujian

Ketika sang anak mampu menyelesaikan tugas yang kita berikan, maka jangan pelit untuk memberikan pujian kepadanya, karena hal ini bisa mendorong dan membuat anak lebih semangat dalam belajarnya.

Selain pujian dengan kata-kata, anda juga bisa sesekali memberinya hadiah asalkan tidak dilakukan secara sering. Namun ketika anak melakukan kesalahan jangan dimarahi, namun kita harus bisa mengarahkannya dengan sabar dan penuh kelembutan.

Nah itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua sebelum mengajari anak membaca, dengan begitu anak akan mudah mengerti dan dapat cepat membaca dengan baik dan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here