Jangan Sembarangan Menitipkan Anak, Yuk Ikuti Tips Memilih Daycare Untuk Anak

0
22
Tips Memilih Daycare Untuk Anak.
Tips Memilih Daycare Untuk Anak.

Picolozine.com, Bagi seorang ibu sekaligu wanita karir tentunya memiliki beberapa kegundahan, salah satu kegundahan tersebut adalah sang anak. Karena sebagai wanita karir tentunya anak akan kita tinggal sejak pagi hingga sore, solusinya tentu memilih Daycare atau pengasuh. Kali ini kita akan memberikan tips memilih Daycare untuk anak, agar sang ibu tidak khawatir saat menitipkan anaknya kepada orang lain.

Tips Memilih Daycare Untuk Anak.
Tips Memilih Daycare Untuk Anak.

Menitipkan anak kepada orang lain memang cukup beresiko, bahkan menitipkan anak pada Daycare ternama pun bukan jaminan anak akan mendapatkan perlakuan yang baik. Karena bagaimanapun kasih sayang orang tua lebih baik, jadi agar para ibu dan wanita karir tidak khawatir ikuti tips memilih daycare dibawah ini.

Pastikan Tempat Yang kita Pilih Memiliki Izin Usaha

Pilih daycare yang memiliki izin usaha daycare dari pemerintah, hal ini penting demi keamanan. Karena banyak sekali daycare yang belum memiliki badan hukum sehingga jika terjadi apa-apa dengan sang anak akan sangat sulit untuk memprosesnya. Namun jika Daycare tersebut sudah mendapatkan izin, kita sebagai orang tua akan tenang menitipkan anak.

Rasio Pengasuh Anak

Pilih daycare yang memang bisa menawarkan penjagaan anak dengan maksimal. Idealnya, satu pengasuh bisa menjaga dua orang anak di bawah satu tahun. Sedangkan anak usia di atas empat tahun, idealnya satu pengasuh bisa menjaga lima anak sehingga kebutuhan anak, emosional anak, kasih sayang anak tercukupi.

Memilih Kurikulum Yang Sesuai Dengan Tumuh Kembang Anak

Tips memilih Daycare untuk anak selanjutnya adalah memilih Daycare yang memiliki kurikulum uang sesuai tumbuh kembang anak, karena Daycare yang baik adalah yang dapat memahami tumbuh kembang anak di setiap usianya. Kemudian memiliki pengasuh yang paham akan kondisi anak. Karena setiap anak membutuhka kurikulum yang sesuai dengan umurnya, dengan begitu anak akan lebih mudah memahami apa yang diajarkan.

Kualitas Pengasuh Yang Baik

Amati bagaimana para pengasuh di sana berinteraksi dengan anak-anak yang dititipkan. Lihat bagaimana reaksi anak-anak yang diasuh. Lihat kerapian penampilan pengasuh dan kesehatannya, ditambah seperti apa gaya bicaranya terhadap anak-anak apakah santun atau kasar.

Tips Memilih Daycare Untuk Anak.
Tips Memilih Daycare Untuk Anak.

Memiliki Laporan Harian

Daycare yang baik pasti mempunyai laporan harian. Hal ini menjadi hak orang tua untuk mengetahuinya, dari jam makan, jam tidur sampai jam buang air besar. Pastikan Anda memperoleh laporan tersebut untuk terus memantau tumbuh kembang anak. Pastikan juga Anda juga dapat memberi catatan mengenai riwayat alergi si anak jika ada.

Bersikap Terbuka antara Manajemen Dan Orang Tua

Keterbukaan yang baik antara manajemen dan orang tua sebagai konsumen menjadi syarat yang mutlak. Jika terjadi kesalahan, minta pihak daycare untuk tidak menutupinya dan bijak menyikapi kritik atau keluhan dari orangtua. Anda pun harus bersedia menerima saran dan masukan dari pihak daycare.

Memiliki Komitmen Yang Tinggi Dengan Waktu

Daycare yang baik adalah bagaimana agar orangtua sang anak tidak mudah membiarkan anaknya begitu saja. Jadi jika waktunya anak di jempur ya harus di jemput, karena seringkali ada orang tua yang telat bahkan menitipkan anaknya kepada Daycare hanya untuk menikmati waktu tanpa anak dan berjalan-jalan.

Padahal adanya Daycare untuk membantu orang tua agar tidak kehilangan waktu berharga bersama anak, jadi Daycare yang baik bukan hanya tentang menerima uang semata.

Nah itulah tips memilih Daycare untuk anak, jadi kita sebagai orang tua menjadi lebih tenang kita akan menitipkan anak kita pada pengasuh atau Daycare. Jangan sampai kita menitipkan anak kita pada tangan yang salah, dan ujung-ujungnya akan meruikan anak kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here