Pentingnya Asupan Kalsium Untuk Tumbuh Kembang Anak Dan Gigi

0
22
Pentingnya Asupan Kalsium.
Pentingnya Asupan Kalsium.

Picolozine.com, Asupan kalsium untuk anak sangatlah penting, apalagi jika anak sedang masa tumbuh kembang. Beragam manfaat akan di terima oleh tubuh anak, sehingga anak akan tumbuh dengan baik dan sehat. Namun ternyata, seringkali banyak orang tua yang mengabaikan pentingnya asupan kalsium untuk anak. Mereka sakan-akan tidak peduli dan hanya memberikan anak makanan yang disukainya saja.

Pentingnya Asupan Kalsium.
Pentingnya Asupan Kalsium.

Padahal jika kalsium pada anak terpenuhi dengan baik, tentunya anak akan tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Anak menjadi kuat dan memiliki fisik yang tidak mudah tererang penyakit, pertumbuhan gigi anakpun akan lebih sehat dan baik.

Dari masa kanak-kanak sampai remaja, tubuh menggunakan mineral kalsium untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Tidak hanya itu, kalsium juga berperan penting dalam pelepasan hormon dan enzim, serta menjaga fungsi otot dan saraf.

Tingkat kalsium tulang mulai menurun ketika anak mulai beranjak dewasa dan berangsur hilang seiring dengan bertambahnya usia, terutama pada wanita. Itu sebabnya, seseorang yang mendapat kalsium cukup dan aktivitas fisik, selama masa kanak-kanak dan masa remajanya, akan cenderung memiliki tulang kuat ketika dewasa.

Pentingnya Asupan Kalsium.
Pentingnya Asupan Kalsium.

Sementara orang yang tidak mendapatkan cukup kalsium sejak dini berisiko tinggi mengalami berbagai masalah tulang di kemudian hari, misalnya pengeroposan tulang atau sering di sebut Osteoporosis.

Remaja, terutama perempuan, yang tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk pembentukan tulang secara optimal akan berisiko lebih besar terkena penyakit osteoporosis yang menyebabkan tulang jadi rapuh dan rentan patah.

Pentingnya asupan kalsium untuk agar anak-anak dan bayi yang tidak mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D (yang membantu proses penyerapan kalsium) berisiko terkena rakhitis. Rakhitis sendiri adalah penyakit pelunakan tulang yang menyebabkan kelainan bentuk pada tulang seperti bungkuk, pertumbuhan tulang yang buruk, dan kadang-kadang menyebabkan otot nyeri dan lemah.

Produk susu seperti susu murni, yogurt, dan keju adalah beberapa sumber kalsium terbaik. Namun, ternyata kamu dapat pula menemukan berbagai sumber asupan kalsium yang lain. Berikut beberapa makanan yang kaya akan kalsium:

  • Sarden
  • Ikan teri
  • Telur
  • Edamame
  • Selada
  • Kacang almond
  • Sayuran berdaun hijau tua, seperti brokoli, bayam, bokcoy, dan lainnya.
  • Kacang kedelai dan olahannya, seperti tahu dan tempe

Jumlah kalsium dalam setiap makanan sebenarnya akan bervariasi tergantung ukuran buah atau sayuran, merek, dan sebagainya. Anak bisa saja mengkonsumsi jenis makanan di atas dengan jumlah takaran yang kurang atau lebih, tergantung pada usia dan selera mereka. Itu sebabnya, selalu perkirakanlah kandungan gizi yang tepat dalam setiap makanan yang akan dikonsumsi anak Anda.

Kadar kalsium tidak terpengaruh oleh lemak, tapi lemak dalam produk susu turut berperan penting dalam masa perkembangan anak. Anak berusia di bawah 2 tahun membutuhkan setengah kalori dari lemak untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang sehat, sehingga diperlukan asupan lemak dari produk susu.

Meski begitu, dokter Anda mungkin juga menganjurkan hal yang sebaliknya, di mana anak-anak di atas 2 tahun diberikan lebih sedikit kalori dari lemak, sehingga mereka harus mengonsumsi produk susu rendah lemak atau tanpa lemak untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Jadi pentingnya asupan kalsium untuk anak agar anak memiliki tulang yang sehat, anak memiliki pertumbuhan yang sangat baik. Selain itu anak akan terhindar dari beberapa penyakit yang berhubungan dengan tulang, dan ketika dewasa dan tua nanti akan terhindar dari pengeroposan tulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here