Penyebab Anak Gampang Cape Tanpa Sebab, Orang Tua Wajib Tau

0
22
Penyebab Anak Gampang Cape.
Penyebab Anak Gampang Cape.

Picolozine.com, Anak sering kali mengeluh cape, padahal aktivitas yang anak lakukan tidak terlalu aktif. Tentu kita sebagai orang tua harus mencari tahu penyebab anak gampang cape tersebut, karena jika dibiarkan bisa jadi anak terkena beberapa penyakit yang serius. Tubuh anak memang belum sekuat orang dewasa, bahkan hanya berteriak-teriak saja anak dapat mersakan cape.

Penyebab Anak Gampang Cape.
Penyebab Anak Gampang Cape.

Orang tua harus lebih perhatian pada anak, kemudian mendengarkan keluh kesah anak dengan baik. Sehingga kita akan mengetahui kondisi anak seperti apa, jika kita memiliki anak yang sering mengeluh karena mudah cape sebaiknya tanyakan apa saja aktivitas yang dilakukan.

Jika anak kita melakukan altivitas yang memang melelahkan hal tersebut berarti wajar, kita hanya perlu menyuruh anak untuk mengistirahatkan tubuhnya agar tidak terlalu cape.

Namun jika anak tidak melakukan aktivitas yang melelahkan namun mudah cape, sebaiknya  orang tua harus khawatir karena bisa jadi ada apa-apa pada tubuh anak. Atau anak sedang tidak merasa tidak sehat atau mengidap sebuah penyakit, namun agar lebih jelas lebih baik periksakan anak ke dokter.

Penyebab Anak Gampang Cape.
Penyebab Anak Gampang Cape.

Penyebab anak gampang cape sebenarnya beragam, sehingga jika kita mengetahui penyebabnya kita dapat langsung mengambil langkah selanjutnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa anak gampang cape tanpa sebab.

Anemia

Anemia atau kurang darah bisa jadi salah satu penyebab anak gampang cape, berkurangnya sel darah merah memang dapat membuat tubuh manusia menjadi mudah lelah. Untuk itu sebaiknya para orang tua memberikan anak makanan yang dapat menambah darah, dengan begitu anak akan mendapatkan sel darah merah dan tidak anemia lagi. Atau bisa juga periksakan diri ke dokter dan meminta resep obat penambah darah.

Demam

Anak gampang lelah tanpa sebab bisa jadi anak tersebut sedang demam atau akan demam, oleh karena itu kita sebagai orang tua harus lebih perhatian pada anak. Dengan begitu kita akan mengetahui kondisi anak baik sehat maupun sedang sakit, jika anak mengalami demam sebaiknya segera bawa anak ke dokter terdekat.

Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa jadi salah satu penyebab anak gampang cape, dengan kekurangan cairan otomatis tubuh akan mudah kelelahan. Cara mengatasinya para orang tua apat menyuruh anaknya meminum air putih dengan rutin, karena air putih efektif mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Jadi usahakan ajarkan anak agar membiasakan minum air putih, karena anak biasanya sangat malas dalam mengonsumi air putih secara rutin.

Kurang Gizi

Anak yang kekurangan gizi juga dapat menjadi penyebab mengapa anak menjadi gampang cape, karena anak yang kekurangan gizi cenderung lemas dan mudah terkena berbagai penyakit. Jadi sebaiknya orang tua memperbaiki gizi anak dengan memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna, makanan sehat adalah kunci utama untuk memberikan gizi pada anak kita. Dengan begitu anak tidak akan mudah lelah karena gizi telah terpenuhi, jika sudah seperti itu kesehatan anak akan semakin membaik.

Penyakit Jantung Bawaan

Penyebab anak gampang cape lainya adalah penyakit jantung bawaan, segera periksakan anak ke dokter jika memang anak kita memiliki penyakit jantung bawaan. Agar anak dapat beraktivitas secukupnya saja, karena kesehatan jantung anak berbeda dengan anak normal lainya.

Nah itulah penyebab anak gampang cape, jadi untuk para orang tua disarankan agar lebih perhatian kepada anaknya. Agar seperti apapun kondisi anak kita dapat mengetahuinya, jadi jika tejadi apa-apa pada anak langusung dapat ditangani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here