10 Makanan Rendah Kalori yang Bantu Kamu Diet

0
9
Makanan Rendah Kalori
10 Makanan Rendah Kalori yang Bantu Kamu Diet

picolozine.com, Makanan rendah kalori memang mampu menekan bertambahnya berat badan. Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, makanan dengan nilai kalori rendah bisa jadi pilihannya. Makanan yang bersifat rendah kalori dan lemak dapat membuat siapa saja yang mengonsumsinya kenyang lebih lama. studi menunjukkan bahwa volume makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi rasa kenyang. Ketika makanan mengandung banyak air tentu volume meningkat tanpa menambah kalori. Sedangkan protein tinggi juga bisa menimbulkan rasa kenyang.

Berikut makanan rendah kalori yang bisa kamu konsumsi saat diet:

1. Telur

Telur merupakan makanan dengan kalori dan lemak yang rendah. Kaya nutrisi telur didapat dari tingkat protein yang tinggi. Telur juga mengandung asam amino esensial yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan telur sebagai sarapan dapat membantu merasa kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.

2. Oatmeal

Sereal yang satu ini sangat cocok dikonsumsi untuk sarapan. Oatmeal mengandung serat yang tinggi dan kemampuannya untuk menyerap air. Oat adalah sumber serat larut yang baik disebut beta-glukan yang membantu memperlambar pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Oatmeal lebih baik dalam menekan nafsu makan, meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari.

3. Apel

Apel merupakan buah yang enak dan rendah kalori. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah dapat dikaitkan dengan asupan kalori yang lebih rendah dan dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan dari waktu ke waktu. Buah apel mengandung pektin, serat larut yang secara alami dapat memperlambat pencernaan dan membantu merasa kenyang lebih lama. Buah ini juga mengandung 85 persen air yang memberikan volume dan meningkatkan rasa kenyang tanpa menambah kalori.

4. Sup

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sup lebih mengisi daripada makanan padat dengan bahan yang sama. Ketika sup dimakan pada awal waktu maka mengonsumsi 20 persen lebih sedikit dibandingkan kalori pada saat makan itu.

5. Kentang Rebus

Kentang rebus memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi. Kentang utuh mengandung serat, vitamin dan beberapa nutrisi penting lainnya. Jika ingin mengonsumsi kentang sebaiknya direbus dan jangan digoreng agar tak menambah kandungan kalori dan lemak.

6. Ikan

Ikan juga masuk ke dalam daftar makanan yang rendah kalori dan lemak. Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan rasa kenyang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Ikan juga sarat akan protein berkualitas tinggi yang dikenal sangat mengenyangkan.

7. Daging tanpa Lemak

Daging tanpa lemak juga merupakan makanan rendah kalori dan lemak. Daging tanpa lemak memiliki tinggi protein.  Jika tidak ingin berat badan naik drastis kamu bisa mengonsumsi daging tanpa lemak dengan campuran sayuran hijau segar.

8. Jeruk

Sama seperti apel, jeruk juga menjadi buah yang rendah kalori dan mengandung pektin tinggi yang dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang lebih lama dalam tubuh.

9. Sayuran

Jika kamu diet tentu kamu akan sangat disarankan untuk rajin mengonsumsi sayur. Sayuran mengandung banyak nutrisi serta air dan serat. Konsumsi salad yang berisi sayuran dapat membantu memuaskan rasa lapar, terutama ketika dikonsumsi sebelum makan. Salad menjadi masakan rendah kalori dan lemak yang efektif untuk membantu turunkan berat badan.

10. Polong-polongan

Legum atau polong-polongan terkenal dengan serat dan protein yang baik. Jika dikombinasikan legum bisa memberikan kepadatan energi yang relatif rendah, menjadikan makanan pengisi yang dapat mendorong penurunan berat badan.

Itulah sepuluh jenis makanan rendah kalori yang dapat membantu program diet. Untuk kamu yang sedang menjalani diet, makanan tersebut bisa jadi pilihan untuk kamu konsumsi. Selain enak, makanan tersebut juga sehat bagi tubuhmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here