4 Tips Agar Kebutuhan Kalsium Tercukupi Saat Hamil

0
104
Kebutuhan kalsium harus dipenuhi
kalsium penting bagi ibu hamil

Picolozine.com, Seperti diketahui, kalsium punya banyak sekali manfaat bagi tubuh kita termasuk bagi ibu hamil hingga menyusui. Tidak hanya dibutuhkan oleh sang Ibu, tetapi juga sangat penting bagi kesehatan bayi sejak dalam kandungan. Sehingga sangat penting untuk mencukupi kebutuhan elemen kimia ini dari makanan dan suplemen pranatal yang dikonsumsi.

Tahukah kamu bahwa kebutuhan akan elemen ini meningkat ketika masa kehamilan. Selain membantu perkembangan kerangka janin, asupan ASI ketika menyusui juga dipengaruhi oleh elemen tersebut.

Pada ibu hamil setidaknya butuh 1.000 -1.500 mg kalsium setiap harinya agar kebutuhannya tercukupi. Tenang saja, ada kok beberapa tips buat kamu agar kebutuhan ini bisa kamu cukupi.

Rutin mengkonsumsi vitamin D

Vitamin D bisa mencukupi kebutuhan kalsium
Pada ibu hamil kebutuhan kalsium harus tercukupi

Konsumsi vitamin D saat kehamilan sangat penting guna menyalurkan elemen kimia tadi ke seluruh tubuh, baik untuk Ibu dan janinnya. Agar sesuai, ada takarannya juga lho dosis yang baik agar mencukupi. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi 600 IU per hari.

Biasakan olahraga kehamilan

Tahu kan kalo olahraga itu penting untuk menjaga kesehatan tu;ang, terutama bagi ibu hamil. Semakin sering berolahraga, semakin kuat juga tulang si Ibu. Agar makin semangat, Ibu hamil bisa mengikuti kelas senam yang aman. Atau agar lebih praktis dan hemat biaya, Ibu hamil juga bisa jogging, yoga, dan berenang.

Olaharaga bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri ketika masa kehamilan. Olahraga juga bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak, mood semakin membaik, dan kamu punya lebih banyak energi pastinya. Akan sangat banyak sekali manfaat buat kamu jika rutin berolahraga.

Penting Mengkonsumsi Makanan Sehat

Nah, konsumsi vitamin aja gak cukup! Kamu juga harus ikuti dengan konsumsi makanan yang sehat juga. Makanan yang sehat itu gak mesti mahal, tetapi makanan yang bisa mencukupi semua yang tubuh kamu butuhkan.

Cukupi kebutuhan kalsium pada ibu hamil
Kebutuhan kalsium pada ibu hamil harus dicukupi

Kamu, khususnya ibu hamil, disarankan untuk mengkonsumsi whole grain, sayur,dan buah-buahan. Seperti susu dan sayuran hijau sangat baik dikonsumsi karena mengandung tinggi kalsium, lho.

Jangan Merokok

Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan kehamilan kamu. Asap rokok bis menyebabkan kelainan pada kesehatan bayi kamu, misalnya osteoporosis yang merupakan kelainan tulang serius. Selain itu juga mempengaruhi massa tulang bayi, lho. Bahaya banget kan?

Jika kamu memang pecandu rokok berat dan tidak bisa berhenti, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengetahui cara menghentikannya. Itu akan lebih baik.

Penting banget kan kalsium bagi Ibu hamil? Yuk, list makanan sehat agar kesehatan kehamilan kamu terus terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here