5 Resep Makanan Buat Kamu Penderita Asam Lambung

0
48
Resep oatmeal
Resep oatmeal untuk penderita maag

Picolozine.com, Resep masakan tentu saja bisa disesuaikan dengan penyakit apa yang kamu derita. Terutama bagi kamu penderita penyakit maag yang sulit memilih jenis makanan apa agar tidak menyebabkan maag kamu kambuh.

Memiliki riwayat penyakit maag memang membuat kamu tidak bisa sembarangan memilih makanan apa yang akan kamu konsumsi. Salah makan bisa membuat aktivitas kamu akan terganggu seharian.

Tenang saja, punya penyakit maag juga bukan berarti kamu gak bisa makan enak, lho. Berikut rangkuman resep masakan buat kamu penderita penyakit asam lambung. Yuk, disimak!

Ayam panggang madu

Resep ayam panggang madu untuk penderita maag
Resep ayam panggang madu

Memiliki penyakit maag berarti kamu harus berkompromi dengan jenis daging yang akan dikonsumsi. Perlu dipastikan daging yang akan masuk ke perut kamu lembut, tidak pedas, lunak, dan juga tidak digoreng. Salah satunya adalah ayam panggang dengan olesan madu yang satu ini.

Diketahui bahwa madu punya khasiat yang baik untuk mengurangi tingkat keasaman lambung. Madu bisa membuat perut kamu lebih nyaman pastinya.

Cara masaknya juga mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti:

  • Ayam yang sudah di fillet
  • Kecap
  • Mentega

Bumbu-bumbu yang dipersiapkan seperti:

  • 4 sdm madu
  • 3 bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 buah kemiri
  • 3 cm lengkuas
  • 2 buah daun jeruk
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Ayam yang sudah di fillet jangan lupa dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak
  2. Campurkan bawang putiih, ketumbar, kemiri, lengkuas, daun jeruk, dan garam, tumbuk hingga halus. Baru kemudian masukkan madu ketika semuanya sudah halus
  3. Gunakan mentega untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga harum
  4. Lalu lumuri fillet ayam dengan bumbu madu dan diamkan selama 30 menit
  5. Setelah itu panggang ayam di atas pemanggang yang sudah dipanaskan sebelumnya. Tunggu hingga matang atau hingga berwarna kecoklatan.
  6. Angkat dan ayam panggang kamu siap disajikan. Lebih enak dimakan dengan nasi hangat.

Potato and spinach soup

Buat penderita penyakit maag, kamu juga tidak bisa sembarangan mengkonsumsi sayuran, lho. Ada beberapa jenis sayuran yang tidak cocok untuk kamu makan, seperti tomat, bawang bombay, dan bawang merah.

Resep masakan sup kentang dan bayam
Resep sup kentang dan bayam untuk penderita maag

Tapi tenang saja, karena masih banyak jenis sayur yang bisa kamu olah menjadi makanan enak dan aman untuk kondisi lambung kamu. Seperti sup kentang dan bayam yang satu ini.

Kamu butuh bahan-bahan seperti:

  • 1 ikat atau sekitar 350 gram bayam, jangan lupa dicuci dan dipotong-potong sesuai selera
  • 1 liter kaldu sayur
  • 1 kentang dengan ukuran medium, potong sesuai selera
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 buah tomat, jangan lupa buang kulitnya
  • Garam secukupnya.

Cara membuatnya juga cukup gampang, kamu perlu:

  1. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu dengan api kecil
  2. Setelah minyaknya panas, masukkan potongan kentang, potongan daging tomat, dan bayam. Lalu tumis, jangan lupa menaburkan garam secukupnya.
  3. Campurkan saus yang kamu dapat dari tumisan tersebut dengan kaldu sayur. Kemudian didihkan.
  4. Lalu kamu tinggal mencampurkan tumisan dengan kaldu sayur. Dan violaaa, sup kentang dan bayam siap disantap. Akan lebih enak jika dimakan selagi hangat, jangan panas ya. Ntar perut kamu malah bergejolak!

Susu kunyit

Resep susu kunyit untuk penderita maag
Resep susu kunyit

Kunyit merupakan obat alami untuk penyakit asam lambung karena bisa menutup dan menyembuhkan luka pada lambung. Tak ada salahnya kamu coba segelas susu kunyit hangat. Tenang aja, cara buatnya mudah kok. Kamu hanya butuh beberapa bahan berikut:

  • Seperempat kelingking kunyit, haluskan. Untuk lebih mudah, kamu bisa gunakan kunyit bubuk.
  • ½ cangkir air
  • 1 cangkir susu
  • Serbuk pala (optional)
  • Madu

Cara membuatnya juga mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Didihkan air dan bubuk kunyit/kunyit yang sudah dihaluskan menggunakan api sedang. Didihkan selama lebih kurang 8 menit.
  2. Sediakan panci yang satu lagi untuk memanaskan susu. Jika sudah mendidih, matikan api.
  3. Kemudian campurkan air kunyit yang sudah dididihkan sebelumnya dan susu mendidih, dan tambahan madu agar memiliki rasa yang enak.
  4. Susu kunyit kamu siap diminum!

Oatmeal pisang dan apel

Seperti yang kamu ketahui, apel punya kandungan antioksidan flavonoid yang bisa meredakan nyeri maag serta bermanfaat untuk memperkuat lambung kamu, lho. Resepnya juga gampang banget, yuk disimak!

Bahan yang kamu butuhkan adalah:

  • ½ mangkok ukuran sedang oatmeal
  • 1 cangkir air
  • 1 buah pisang
  • Garam
  • Apel yang dipotong-potong terlebih dahulu, lalu dipanggang hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan
  • Madu sedukupnya

Caranya? Mudah banget! Tanak oatmeal hingga masak. Campurkan dengan pisang dan apel serta tambahkan madu. Oatmeal pisang dan apel kamu siap disantap!

Smoothie tahu sutera, stroberi, dan pisang

Smoothie dari tahu? Emang ada, ya? Tenang aja, ini smoothie yang terdengar aneh tapi sesungguhnya enak. Tekstur tahu yang lembut ternyata cocok dipadukan dengan buah stroberi dan pisang, lho.

Kamu butuh bahan-bahan berikut:

  • 2 potong tahu sutera
  • Sekitar 1 cangkir penuh buah stroberi dingin
  • 1 buah pisang yang didinginkan
  • ½ cangkir susu kedelai
  • 1 sdm selai kacang (optional)
  • 2-3 potong es batu

Campurkan semua bahan ke dalam blender hingga halus dan pastikan semuanya tercampur sempurna. Lalu smoothie kamu siap dinikmati. Dijamin kamu gak bakal nyesal deh buatnya.

Itulah beberapa resep makanan buat kamu yang menderita penyakit maag. Dijamin buatnya gampang dan bikin perut kamu gak sakit. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here