7 Obat Herbal yang Ampuh Atasi Penyakit Diabetes

0
8
pare salah satu obat herbal penyakit diabetes
Selain pare, berikut beberapa obat herbal yang bisa mengatasi penyakit diabetes.

Picolozine.com, Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Tingginya gula darah dan semakin lama tidak ditangani, maka akan semakin besar juga risiko seseorang menderita komplikasi akibat diabetes. Kompikasi yang dapat timbul adalah penyakit jantung, serangan stroke, penyakit ginjal dan penyakit lainnya yang cukup berbahaya.

Berbagai gejala penyakit diabetes umum terjadi namun mungkin tak disadari. Gejalanya antara lain seperti sering buanga air kecil, sering merasa haus, mudah merasa lapar, mudah lelah, penglihatan buram, lambatnya penyembuhan pada luka, kesemutan, mati rasa, dan juga munculnya bercak kulit gelap.

Penyakit diabetes ini cukup banyak menyerang masyarakat di Indonesia. Ini bisa terjadi berdasarkan faktor keturunan ataupun pola hidup. Namun selain perawatan menggunakan obat medis ada juga obat herbal yang dipercaya ampuh. Harga tentu lebih murah dan dirasa tidak memiliki efek samping serius.

Berikut bahan alami yang mampu meringankan diabetes:

1. Bawang Putih

Bawang putih obat herbal diabetes
Bawang putih berkhasiat mengobati penyakit diabetes

Bawang putih merupakan rempah yang mengandung ethanol yang memiliki khasiat mengobati diabetes. Selain itu, rempah yang mudah kita temui di dapur ini juga memiliki sifat antibakteri sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah maupun kadar kolesterol.

2. Lidah buaya

Lidah buaya sebagai obat herbal
Lidah buaya terbukti bisa membantu memperbaiki sel-sel pada organ pankreas

Lidah buaya memang merupakan tanaman yang memiliki beragam manfaat. Manfaat lidah buata ini telah diuji dalam penelitian yang dilakukan pada hewan. Hasilnya lidah buaya terbukti bisa membantu memperbaiki sel-sel pada organ pankreas yang bertugas memproduksi insulin kembali normal.

 3. Kayu manis

Kayu manis sebagai obat herbal
Kayu manis berkhasiat membantu mengatasi kadar gula darah yang tidak normal

Kayu manis memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya berkhasiat untuk membantu mengatasi kadar gula darah yang tidak normal. Mengkonsumsi kayu manis secara teratur juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

4. Pare

Pare sebagai obat herbal untuk atasi diabetes
Selain sebagai sayuran, pare juga berkhasiat meringankan gejala penderita gula darah

Siapa yang tidak tahu sayuran pare, sayuran yang dikenal dengan rasa pahit ini dapat dinikmati sebagai jobat herbal. Bisa dijadikan jus, pare mampu meringankan gejala yang muncul akibat diabetes. Namun belum ada peneltian yang menguatkan uji kebenaran hasil atau manfaat dari pare ini.

 5. Jahe

Jahe obat herbal untuk penyakit diabetes
Jahe bermanfaat sebagai obat herbal yang berpotensi mengatasi resistensi insulin.

Jahe merupakan rempah yang kaya manfaat. Rempah yang punya jutaan manfaat sebagai obat herbal ini berpotensi mengatasi resistensi insulin. Manfaat tersebut telah diuji dalam penelitian, hasil penelitian tersebut menunjukan jahe dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

6. Pepaya

Pepaya bisa menjadi obat herbal diabetes
Ekstrak dari daun dan biji buah papaya ini terbukti dapat menurunkan kadar gula darah

Pepaya mungkin sangat mudah kamu temui dimana-mana. Melalui penelitian yang dilakukan pada hewan, ekstrak dari daun dan biji buah papaya ini terbukti dapat menurunkan kadar gula darah, lemak di tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka. Oleh sebab itu bagi penderita diabetes sangat baik mengkonsumsi buah papaya.

7. Ketumbar

Ketumbar bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal
Ketumbar dapat membantu menurunkan kadar gula darah

Biji ketumbar memiliki komponen yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu ketumbar juga bisa membantu berperan dalam pengolahan insulin.

Itulah beberapa manfaat yang di dapat dari bahan alami atau herbal dalam membantu menurunkan kadar gula dara, memperbaiki kadar insulin, bahkan menyembuhkan luka. Bagi para penderita diabetes mungkin bisa mencoba bahan herbal tersebut. Selain mudah ditemukan, bahan alami tersebut tentu memberikan efek samping lebih sedikit. Namun sebelum mengonsumsinya, pastikan telah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here