8 Jenis Madu Terbaik Indonesia dan Manfaatnya bagi Kesehatan

0
5
Madu
8 Jenis Madu Terbaik Indonesia dan Manfaatnya bagi Kesehatan

picolozine.com, Madu merupakan cairan alami yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Banyak orang suka dan rutin mengonsumsinya, karena cairan alami ini punya rasa manis. Salah satu manfaat dari mengonsumsinya adalah memiliki sistem kekebalan yang baik dalam mencegah penyakit. Namun ada berbagai jenis madu yang tersedia di Indoneisa.

Semua jenisnya diperoleh dan diproses secara alami yang mengandung nutrisi tinggi. Herbal satu ini kaya akan kandungan antioksidan yang berasal dari asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid.

Berikut jenis-jenis madu Indonesia yang baik dan juga manfaatnya:

1. Madu Karet

Jenis ini dihasilkan dari lebah yang menghisap nektar bunga karet. Cairan akan mengkristal jika disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Khasiat yang dimiliki adalah membantu mengobati beberapa penyakit seperti gatal-gatal, alergi, keputihan pada wanita, luka bakar, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Madu Kopi

Jika jenis sebelumnya merupakan hasil menghisap bunga karet, maka jenis ini berasal dari bunga kopi. Jenis ini tidak lebih jernih dari jenis sebelumya, namun memiliki aroma yang sedap dan sering digunakan untuk masak ataupun sebagai minuman. Manfaat bagi kesehatan yaitu membantu mengatasi masalah nafsu makan, insomnia, memperlancar sirkulasi darah, menambah daya tahan tubuh, hingga menyembuhkan luka bakar.

 3. Madu Kelengkeng

Jenis lengkeng atau kelengkeng ini juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Selain memperkuat sistem daya tahan tubuh juga mampu memperbaiki fungsi ginjal serta otak, mengobati sakit pinggang, luka bakar, hingga mempercepat pemulihan luka operasi. Jenis ini punya warna kuning dan jernih dan aroma yang cukup nikmat. Namun, jenis ini masih terbatas karena hanya muncul di musim kelengkeng saja.

4. Madu Kaliandra

Jenis ini juga dikenal dengan madu kuning karena memiliki warna kuning. Manfaatnya bagi tubuh seperti membantu meningkatkan hormon, daya tahan tubuh, memperlancar buang air besar, hingga mengobati darah rendah atau darah tinggi, serta luka bakar. Jenis ini juga dipercaya mampu mengatasi insomnia.

5. Madu Kapuk Randu

Dihasilkan dari bunga kapuk randu, jenis ini punya warna kecolkatan dan rasa agak asam. Jenis ini sering digunakan untuk masker wajah. Khasiat yang dimiliki adalah mengobati sariawan, luka bakar, memperlancar fungsi otak, dan  membantu meningkatkan sistem imun.

6. Madu Hutan Sumatera

Sesuai namanya, maka jenis ini berasal dari hutan Sumatera. Manfaatnya adalah sebagai antibakteri, antibiotika, serta antiseptik alami, yang dapat meredakan sakit kepala, flu, dan diare. Akan tetapi, harus hati-hati saat akan membeli madu jenis ini karena banyak sekali pemalsuan.

7. Madu Klanceng

Jneis ini juga cukup memiliki banyak khasiat baik bagi kesehatan, akan tetapi belum begitu banyak diproduksi sehingga harganya mahal. Rasanya manis tetapi agak sedikit pahit. Jenis madu ini dihasilkan dari berbagai jenis bunga. Manfaatnya bagi kesehatan sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes mellitus karena merupakan pengganti insulin dalam tubuh, membantu menormalkan kadar gula, menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, mencegah stroke, kanker, dan infeksi.

8. Madu Rambutan

Jenis satu ini juga memiliki dampak positif bagi tubuh karena sanggup memperlancar buang air kecil, meningkatkan kemampuan otak, sistem imun, hingga membantu meredakan demam, batuk dan asma. Dihasilkan dari perkebunan rambutan, jenis ini juga memiliki sedikit aroma dari rambutan. Warnanya kekuningan dan rasanya tidak terlalu manis.

itulah delapan jenis madu berbeda yang terkenal dan terbaik di Indonesia. Selain itu juga mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Jadi sangat baik jika kita rutin mengonsumsi sebagai obat herbal dan juga memperkuat imunitas tubuh.picol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here