Agung Hercules Menderita Kanker Otak, Kenali Penyakit Ini Lebih Lanjut

0
39
Agung Hercules
Agung Hercules

Picolozine.com, Banyak pihak yang terkejut saat mengetahui kondisi Agung Hercules yang dirawat di rumah sakit akibat kanker otak yang diidapnya. Terlebih selama ini Agung terlihat sehat dan baik-baik aja.

Agung disebut mengalami kanker otak stadium 4. Menurut Ferdiansyah Setiadi Setiawa, sahabatnya, Agung sudah menjalani tiga kali operasi pengangkatan tumor hingga kembali kambuh.

Dia menjelaskan bahwa Agung awalnya sudah dinyatakan clear setelah dilakukan kemoterapi. Beberapa bulan kemudian numbuh lagi hingga di tempat keempat.

Dalam dunia medis, seseorang yang sudah dilakukan pengangkatan kanker disebut bebas kanker bisa kembali mengalami kekambuhan atau rekurensi. Hal ini disebabkan karena masih ada sel kanker yang masih tersisa.

Dalam dunia medis, kanker otak memang tergolong salah satu kanker paling ganas dan penyebarannya cepat. Tapi secara umum, kanker otak dibagi menjadi dua, yaitu primer dan sekunder.

Kanker otak primer adalah yang selnya berasal dari otak. Jenis kanker ini bisa menyebar ke bagian otak lain, tapi tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Sedangkan kanker otak sekunder, sel kankernya berasal dari luar otak, yang kemudian menyebar ke otak.

Kanker otak primer ini dibagi menjadi empat grade. Dimulai dari grade satu yang paling ringan disebut pilocytic astrocytoma, grade dua disebut diffuse astrocytoma, grade tiga disebut anaplastic astrocytoma, dan grade 4 glioblastoma multiforme.

Biasanya grad satu dan dua masih disebut tumor otak. Sedangkan grade tiga dan empat barulah disebut tumor otak. Glioblastoma merupakan kanker otak yang paling tinggi stadiumnya sekaligus yang paling ganas.

Pada anak-anak atau dewasa muda, munculnya kanker terjadi secara bertahap. mulai dari grade dua, berkembang menjadi grade tiga baru ke tahap yang paling tinggi. Berbeda dengan orang yang berusia 60 tahun ke atas, kanker otak yang munculnya biasanya langsung pada grade 4. Hal ini karena mutasi yang terjadi sudah terlalu berat dan banyak.

Gejala kanker otak ini memang sulit untuk dikenali. Sebab bisa menyerupai pelbagai gejala seperti maag, sakit kepala, flu, mual dan muntah.

Gejala sakit kepalanya juga sangat bervariasi dan tidak khas. Bisa terasa migrain, vertigo, ada pula sakit kepala yang hanya muncul di pagi hari.

Oleh sebab itu, kamu perlu waspada jika sudah merasa sakit kepala yang terus menerus, sulit disembuhkan, dan semakin progresif.

Ada juga gejala lain yang sesuai dengan lokasi tumbuhnya kanker. Misalnya, jika penyakit kanker tumbuh di pusat bicara, maka gejalanya bisa jadi akan sulit berbicara. Jika di bagian asosiasi, meskipun bisa bicara, tetapi tidak akan nyambung jika ngobrol. Ini jika kanker tumbuh di bagian otak besar.

Jika kanker muncul di otak kecil, maka gejalanya akan berbeda. Gejala yang muncul bisa vertigo. Berbeda lagi jika kanker tumbuh di batang otak, gejalanya akan berbeda, bisa berupa penurunan kesadaran. Apalagi ukuran batang otak yang kecil seukuran ibu jari orang dewasa. Ketika tumbuh kanker, gangguannya akan langsung terasa.

Agung Hercules di rumah sakit
Agung Hercules di rumah sakit

Menurut WebMD, glioblastoma yang diidap Agung Hercules memang biasanya tumbuh di salah satu sisi otak dan menyebar melalui serat saraf penyambung ke sisi otak lainnya. Namun memang jarnag menyebar ke luar otak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here