Arti Kesehatan di Balik Warna Darah Haid

0
51
Warna darah haid menentukan kondisi kesehatan
Kondisi kesehatan bisa ditentukan dari warna darah haid

Picolozine.com, Darah haid ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan kamu, lho. Jangan heran jika setiap kali mens warna darah yang keluar sering kali berbeda. Berikut arti di balik warnanya.

Merah terang

Warna darah merah terang ini menunjukkan haid kamu normal. Itu merupakan darah segar dari lapisan dinding rahim kamu sedang mengalami pengikisan.

Namun, jika darah menstruasi kamu bergumpal seperti selain stroberi, ini tandanya terjadi ketidakseimbangan hormon progesteron dan esterogen dalam tubuh kamu. Jika kamu merasakan sesuatu yang agak aneh, sebaiknya kamu mengunjungi ginekolog.

Merah gelap

Jangan khawatir jika warnanya agak sedikit gelap. Sebab semakin lama darah tersimpan di rahim, warnanya juga semakin gelap saat keluar. Tak heran jika kamu melihat warna gelap di pagi hari saat bangun tidur atau ketika blood flow kamu lebih banyak.

Kesehatan bisa dilihat dari warna darah haid
Warna darah haid bisa menentukan kesehatan

Warna ini juga menunjukkan tanda bahwa siklus menstruasi kamu sudah mau selesai karena darah akibat terkikisnya lapisan dinding rahim kamu sudah berkurang.

Merah muda

Biasanya warna darah merah muda terjadi ketika siklus menstruasi kamu singkat. Bisa juga terjadi saat mentsruasi kamu lebih sedikit dari biasanya. Ini juga mengindikasikan bahwa kadar hormon esterogen dalam tubuh kamu rendah. Bisa disebabkan karena faktor stress, olahraga yang terlalu giat, dan penurunan berat badan yang drastis.

Jika setiap bulannya masa menstruasi kamu sebentar, artinya kamu kekurangan asupan vitamin dan nutrien. Banyak-banyak konsumsi makanan yang mengandung protein ya, misalnya konsumsi yoghurt dan kacang almond.

Coklat atau hitam

Sangat wajar apabila darah haid kamu berwarna coklat karena kelamaan tersimpan di rahim. Ini sering terjadi jika periode menstruasi kamu sedang tidak teratur. Yang perlu ditakuti adalah ketika warna darahnya keabu-abuan atau hitam. Ini bisa menjadi pertanda kamu sedang terkena infeksi rahim. Buat kamu yang sedang hamil, ini bisa saja jadi pertanda kamu keguguran. Segera diperiksakan.

Jingga

Jika darah menstruasi kamu berwarna jingga tetapi tidak memiliki bau yang aneh, kamu tidak perlu khawatir. Namun, jika tekstur dan bau nya tidak biasa, kondisi inilah yang merupakan masalah besar. Ini bisa jadi pertanda kamu terkena penyakit menular seksual (STD/STI). Jangan lama-lama, kamu harusnya segera mengunjungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut.

Biru atau ungu

Sesungguhnya ketika selama haid kamu mengeluarkan darah berwarna biru atau ungu, kamu tidak perlu panik. Ini sama sekali tidak berbahaya. Darah menstruasi yang bergumpal bisa terlihat sedikit berwarna biru atau ungu disebabkan hormon estrogen yang berlebihan. Artinya kamu perlu lebih banyak mengkonsumsi serat agar warnanya kembali normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here