Badan Gatal – Gatal Tanpa Sebab Gejala Apakah Ini?

0
8
Badan Gatal-Gatal Tanpa Sebab, Terlusuri Penyebabnya
Badan Gatal-Gatal Tanpa Sebab

Picolozine.com, Kita sering menemui masalah kulit gatal. Penyebabnya juga bisa bermacam- macam. Mulai dari gigitan serangga, alergi, atau karena kulit kering. Tapi kulit dan badan gatal gatal tanpa sebab dan muncul tiba- tiba bagaimana? Saat hal ini terjadi, anda hanya bisa bertanya-tanya sebenarnya apa yang menjadi penyebab semuai ini. Tahukah anda, bahwa badan gatal-gatal tanpa sebab bisa jadi karena cemas berlebihan atau stress.

Tanpa anda sadari, ternyata gatal yang begitu mengganggu itu berakar dari pikiran anda sendiri. Bila ada bagian tubuh yang mengalami gangguan baik itu gangguan dari dalam maupun dari luar tubuh, maka bagian tubuh yang lain akan memberikan respon. Salah satu respon yang diberikan oleh kulit sebagai bagian tubuh yang paling luar adalah gatal-gatal pada bagian tertentu.

Badan Gatal Gatal Tanpa Sebab Gejala Apakah Ini

Badan Gatal Gatal Tanpa Sebab Apakah Berbahaya

Meskipun gatal tiba-tiba tanpa penyebab jelas lebih umum terjadi pada orang tua, ada sejumlah kondisi medis dan kulit yang mungkin mendasari gangguan kesehatan Anda. Misalnya:

1. Kulit kering

Bila tak terlihat terdapat ruam kemerahan atau perubahan dramatis yang lain di area yang gatal, mungkin penyebabnya kulit kering (xerosis). Kondisi kulit kering bukan sesuatu yang serius, tetapi bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Ketika kulit menjadi kering, sel akan mengerut, sehingga timbul keriput dan garis-garis halus. Kulit mungkin terlihat menyusut atau terasa tertarik dan tegang. Kadang juga timbul seperti sisik, serpihan, atau kulit mengelupas di bagian kulit yang gatal ringan hingga sedang.

2. Hamil

Selama kehamilan, beberapa wanita mengalami kulit gatal tanpa gejala yang jelas, terutama pada bagian perut, paha, dada, tangan, serta lipatan kulit, seperti bagian dalam lutut atau siku. Kulit yang mengalami perubahan hormon bisa jadi penyebab kulit gatal tiba-tiba saat sedang hamil.

3. Gatal psikogenik

Jenis gatal yang satu ini cukup unik karena kondisi ini dipicu oleh sugesti dari pikiran Anda sendiri. Kondisi ini jarang ditemui. Tapi bila  saat anda menghadapi gangguan kecemasan, depresi atau gangguan obsesif kompulsif (OCD), maka sedikit saja anda stress bisa memicu keinginan menggaruk kulit yang terasa gatal. Biasanya gatal psikogenik hanya akan muncul pada anggota tubuh yang mudah dijangkau seperti lengan, wajah, bahu, perut, atau paha bagian belakang.

4. Reaksi Alergi

Alergi tidak hanya disebabkan oleh makanan. Kulit bisa juga mengalami iritasi karena bahan pakaian tertentu, bahan kimia dalam sabun dan kosmetik kecantikan, obat-obatan tertentu, alergi bulu hewan tertentu, atau bahkan alergi debu. Sebaiknya segera hindari penyebab alergi tubuh anda agar gatal-gatal tak menganggu lagi. Jika penyebabnya debu, segeralah untuk membersihkan rumah, kamar, dan lingkungan disekitar anda agar tak lagi banyak debu.

Tips Mengatasi Kulit Gatal Akibat Stres

Gaatal karena stres bisa dfiatasi dengan menemukan dan menghadapi sumber stres anda. Ketika stres berkurang, gatal-gatal yang Anda rasakan pun akan berangsur-angsur hilang. Maka, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri guna mengusir stres. Anda bisa melakukan relaksasi dengan minyak esensial, berolahraga, berlibur, atau langsung menyelesaikan sumber masalah penyebab stres.

Kulit gatal juga bisa diredalan dengan bahan alami seperti kompres dingin atau menggunakan getah lidah buaya. Hindari mandi dengan air panas karena bisa membuat kulit jadi semakin kering dan gatal. Kalau gatal yang Anda rasakan sudah terlalu mengganggu dan tak tertahankan, Anda bisa membeli obat bebas pereda gatal berupa salep, krim, atau pil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here