Badan Sering Gatal Tanpa Sebab, Kenapa Ya?

0
4
Badan sering gatal tanpa sebab
Badan sering gatal tanpa sebab sering kali membuat tidak nyaman karena tidak diketahui pemicunya

Picolozine.com, Kulit yang terasa gatal tiba-tiba bisa membuat seseorang tersiksa apalagi ketika digaruk malah bertambah gatal. Sering kali, gatal yang berlangsung lama bisa menjalar keseluruh badan. Ketika menggaruk area kulit yang terasa gatal, rasa gatal itu malah bertambah parah. Kondisi badan sering gatal tanpa sebab ini sangat menyiksa.

Pada umumnya ketika rasa gatal pada tubuh ini datang, kita dapat melihat penyebab gatal tersebut seperti bentol akibat gigitan nyamuk atau serangga, bisa juga ruam merah akibat alergi. Akan tetapi memeriksa kulit dengan mata telanjang tidak dapat menentukan apa penyebab dari kulit yang terasa gatal tersebut.

Ada sejumlah pendapat bahwa badan sering gatal tanpa sebab itu merupakan tanda dari suatu penyakit, sedang hamil atau tanda jika sedang mengalami stress. Berikut sejumlah penjelasanya:

Stres

Kulit gatal memang cukup sering ditemui, dan memiliki penyebab yang bermacam-macam pula, mulai dari alergi, gigitan serangga, hingga kulit yang dehidrasi atau kering. Rasa gatal pada kulit yang muncul secara tiba-tiba ini terkadang datang tanpa sebab.

Tahukan Anda jika stres atau cemas berlebihan bisa menyebabkan kulit terasa gatal ? Tanpa disadari, gatal ini pun bisa berakar pada pikiran kita sendiri lho. Hal ini disebabkan ketika diri kita dilanda stres maka tubuh akan bereaksi. Stress ini merangsang reaksi kimia dalam tubuh yang membuat kulit lebih peka. Selain itu, terdapat ujung saraf yang terhubung dengan kulit sehingga menyebabkan sistem saraf pusat membaca adanya gangguan akibat stres dan kulit akan mulai bereaksi.

Adapun gatal yang muncul akibat stres bisa menimbulkan gejala yang berbeda-beda pula pada setiap orang. Berikut sejumlah jenis gatal yang bisa dialami ketika sedang stres:

  • Biang Keringat

Kondisi stres ini biasanya diikuti dengan gejala lain seperti produksi keringat berlebih. Apabila tubuh berada pada kondisi lingkungan yang lembabm panas, dan kurangnya sirkulasi udara dapat menyebabkan keringat terperangkap di dalam lapisan kulit dan tidak bisa menguap. Hal ini pula yang kemudian menimbulkan biang keringat pada kulit yang menimbulkan rasa gatal. Biang keringat ini memang tidak membahayakan, namun rasa gatal yang timbul membuat rasa tidak nyaman.

  • Biduran
Badan sering gatal tanpa sebab rupanya pertanda kita stres dan gatal yang sering muncul berbentuk biduran.

Birduran biasanya muncul akibat adanya reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap alergen atau penyebab alergi. Hal ini karena kulit merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang paling luar, maka di sana lah sistem kekebalan tubuh akan merangsang prosuksi sel darah putih. Sel darah putih ini kemudian akan melawan bakteri virus atau penyebab alergi lainnya kemudian munculah biduran.  

Ketika tengan mengalami stres, otak akan mengirimkan sinyal pada sistem kekebalan tubuh jika adanya ancaman yang harus dihadapi. Maka, sel darah putih akan langsung bereaksi untuk mengusir ancaman tersebut.

  • Gatal Psikogenik

Gatal Psikogenik merupakan jenis gatal yang cukup unik karena hal ini dipicu oleh sugesti pikiran. Kondisi seperti ini memang jarang temui, akan tetapi ketika seseorang memiliki kondisi kejiwaan tertentu seperti depresi, gangguan kecemasan, atau gangguan obsesif kompulsif (OCD), ketika mengalami stres sedikit dapat memicu keinginan untuk menggaruk kulit yang terasa gatal.

Gatal psikogenik ini biasanya muncul pada anggota tubuh yang mudah dijangkau, seperti lengan, wajah, perut, serta paha bagian belakang.

Hamil

Ketika hamil seseorang bisa saja mengalami kulit gatal tanpa alasan yang jelas lho. Bagian-bagian yang terasa gatal seperti bagian perut, paha, dada, tangan, dan lipatan kulit pada bagian dalam lutut atau siku.

Hal ini disebabkan oleh kondisi kulit yang meregang atau adanya perubahan hormon yang memungkinkan kulit terasa gatal secara tiba-tiba. Pada beberapa kasus kehamilan, gejala kondisi kulit tertentu yang terjadi seperti eksim yang dapat timbul semakin parah. Jika mengalami eksim dan dermatitis pada kulit, sebaiknya berkonsultasi ke dokter dan bertanya adakah perawatan aman untuk meredakan gatal dan eksim pada tubuh.

Penyakit Internal

Adapun kulit terasa gatal secara tiba-tiba merupakan pertanda dari suatu penyakit lho. Ada kemungkinan-kemungkinan penyakit dalam seperti diabetes, penyakit hati, gagal ginjal, animia desiensi besi, masalah tiroid, penyakit celiac, HIV/AIDS, sindrom Sjogren, kelaian darah, serta kanker.

Stres dan penyakit kejiwaan lainnya pun seperti gangguan kecemasan, depresi, serta gangguan obsesif-kompulsif juga bisa menyebabkan kulit gatal tanpa alasan yang jelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here