Bagi Para Wanita, Kenali gejala Kanker Payudara Sejak Dini

0
13
gejala kanker payudara
kanker payudara

picolozine.com, Bagi kaum wanita di dunia harus sangat hati – hati dengan bahaya kanker payudara yang disebabkan oleh sel kanker ganas yang menyerang bagian payudara dan menyebar ke bagian lain.

Penyakit ini merupakan penyebab kematian terbesar kedua bagi wanita saat ini. Kasus tertinggi terjadi pada usia 55 –  59 tahun. Resiko terkena kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Namun saat ini banyak wanita yang mampu melawan kanker payudara karena dapat melakukan pendeteksian dini serta peningkatan kualitas pengobatan.

Perlu diketahui beberapa gejala penyebaran kanker payudara,yakni :

  1. Benjolan di area payudara

Indikasi awal gejala kanker payudara yang paling mudah di deteksi adalah timbulnya benjolan pada payudara. Gejala tersebut terjadi karena sel kanker berkembang secara abnormal. Ukuranya melebihi sel lain, mengeras, serta tidak bergeser jika ditekan. Untuk mengetahui, maka lakukanlah pemeriksaan secara pribadi di rumah.

  1. Pembengkakan di bawah lengan

Pembengkakan di bawah lengan merupakan pemicu awal benjolan di ketiak. Asalnya dari pembengkakan kelenjar getah bening yang merupakan sistem imunitas tubuh. Biasa timbul saat masa mensturasi dan kembali normal saat sudah usai. Akan tetapi pembengkakan yang semakin parah merupakan gejala kanker payudara.

  1. Payudara terasa nyeri meski tak disentuh

Umumnya, payudara sering terasa nyeri saat masa mensturasi, saat cedera dan seabagainya. Akan tetapi nyeri payudara dapat merupkan gejala kanker jika diikuti oleh gejala lainnya. Seperti pembengkakan payudara, benjolan yang mengeras dan cairan yang keluar melalui puting.

  1. Terjadi perubahan bentuk, tekstur dan warna pada payudara

Gejala kanker juga dapat ditemukan dengan ada nya perubahan bentuk payudara di luar siklus haid atau kehamilan. Selain itu juga perubahan tekstur dan warna seperti pada bagian puting yang ruam memerah, bersisik, pecah – pecah atau pun tebal. Tidak hanya itu, terkadang juga pori – pori membesar dan menimbulkan rasa gatal.

  1. Bagian papila / puting mengeluarkan cairan

Tanda kanker payudara lainnya juga dengan keluarnya cairan pada papila atau puting yang berwarna variasi semisal bening, kuning, hijau, coklat dan sebagainya. Hal ini di luar masa kehamilan, karena pada masa kehamilan dan menyusui biasanya memang perempuan lumrah mengalami hal tersebut. Namun bila hal tersebut terjadi di luar masa normal nya, maka perlu di lakukan pemeriksaan ke dokter.

Guna mengenali ciri – ciri kanker stadium awal maka sering lakukan pemeriksaan secara pribadi di rumah. Guna mengindari terjadinya kanker payudara stadium lanjut yang dapat memicu kematian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here