Berapa Lamakah Virus Corona Bertahan Hidup pada Benda

0
24
virus corona
Berapa Lamakah Virus Corona Bertahan Hidup pada Benda

picolozine.com, Virus corona atau Covid-19 menjadi salah satu virus yang cepat menyebar ke orang lain. Terlihat dari jumlah korban yang terus bertambah setiap waktunya. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) cara penyebaran virus tersebut terjadi melalui droplet atau tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk mengenai kita.

Bisa juga, tetesan tersebut kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh oleh orang lain yang sehat. Orang sehat tersebut kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Lantas berapa lamakah virus corona bertahan hidup di permukaan atau sebuah benda?

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2 April dalam jurnal The Lancet menemukan bahwa virus corona dapat bertahan paling lama hingga tujuh hari pada masker bedah, stainless steel, dan plastik. Dilansir melalui Businnes Insider, 15 April 2020 para peneliti di balik studi baru tersebut menguji rentang hidup virus Covid-19 di ruangan dengan suhu mencapai  71 derajat Fahrenheit dengan kelembaban relatif 65%.

Didapatkan hasil bahwa virus corona dapat bertahan lama di tisu selama 3 jam lamanya. Bertahan lebih lama di benda berbahan kayu dan kain selama 2 hari. Lalu di kaca dan uang kertas selama 4 hari, dan yang paling lama di plastic dan stainless steel selama 7 hari lamanya. Yang lebih mengejutkannya, dari semua bahan yang mereka uji, para peneliti menemukan bahwa virus corona mampu bertahan paling lama di lapisan luar masker bedah. Pada hari ke tujuh penyelidikan, virus itu masih ada di sisi luar masker.

Penelitian ini melanjutkan dari penelitian sebelumnya, yang diterbitkan 17 Maret di New England Journal of Medicine, menyebutkan bahwa virus dapat hidup hingga empat jam pada tembaga, satu hari di kardus, dan hingga tiga hari pada plastik dan stainless steel. Itu diujicobakan pada ruangan 70 derajat Fahrenheit dengan kelembaban relatif 40%. Virus corona saat ini tengah menjadi pandemi di berbagai negara. Hampir seluruh negara sedang berperang melawan virus tersebut untuk bisa melemahkannya. Corona pertama kali diketahui mewabah di Kota Wuhan, China. Dikenal juga dengan Covid-19, virus ini telah menginfeksi belasan juta orang di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here