Berat Badan Tak Terkontrol? Lakukan 10 Tips Diet Sehat dan Mudah Berikut Ini

0
37
Tips diet sehat dan mudah
Tips diet sehat dan mudah

Picolozine.com, Memiliki berat badan yang berlebihan harus dikontrol dengan berbagai tips diet agar tetap ideal. Berat badan berlebih akan berpotensi menyebabkan macam-macam penyakit sehingga berakibat pada ruang gerak kamu menjadi terbatas.

Namun, tidak semua orang bisa melakukan diet dengan ketat. Ada banyak alasan sehingga program diet yang direncakan tidak berjalan semestinya.

Gak perlu galau, berikut sepuluh tips diet dengan cara yang almi dan mudah untuk kamu lakukan. Check this out!

Tips diet sehat dan mudah
Tips diet sehat dan mudah
  1. Perbanyak konsumsi nutrisi
    Kamu bisa mengakali dengan memenuhi kulkas dengan sayuran segar supaya kamu lebih banyak mengonsumsi nutrisi.
    Ada baiknya untuk menyimpan sayur yang baru dipetik dan langsung disimpan. Agar nutrisi yang terdapat dalam sayur tidak terbuang begitu saja. Tips menyimpan sayuran yang banyak di kulkas ini adalah cara yang ampuh agar kamu tidak membuang-buangnya dan mencari makanan lain.
  2. Sarapan dalam porsi yang banyak
    Melewatkan sarapan akan membuat kamu menjadi semakin lapar dan butuh porsi makan siang lebih banyak. Bahkan kamu akan jadi tergoda untuk nyemil aneka snack sebelum makan siang.
    Hal ini sudah dibuktikan dengan studi yang dilakukan oleh Imperial College London tahun 2013, perempuan yang sarapan dengan porsi lebih besar akan mengalami penurunan hormon kelaparan (ghrelin) lebih besar ketimbang yang hanya sedikit sarapan.
  3. Nyemil makanan manis setelah sarapan
    Penelitian lain menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi pencuci mulut dengan makanan yang manis. Tel Aviv University Medical Center melakukan studi dengan meneliti satu kelompok yang sarapan 304 kalori dengan hanya 10 gram karbohidrat.
    Lalu, ada kelompok lain yang sarapan 600 kalori dengan 60 gram karbohidrat yang termasuk pencuci mulut coklat, kue, dan donat. Peneliti menyimpulkan bahwa orang yang konsumsi pencuci mulut jadi ingin lebih sedikit nyemil.
  4. Konsumsi air putih
    Soda maupun minuman jus kemasan hampir sama dengan permen cair sebab di dalamnya mengandung 18 sendok teh gula serta dalam setiap 20 ons porsinya, mengandung 240 kalori. Tetapi nilai gizinya hanya nol.
    Jika kamu mengonsumsi soda diet, itu juga tidak aman. Menurut penelitian dalam jurnal “Obesity”, soda diet malah memiliki lemak yang lebih tinggi di perut. Hal ini disebabkan oleh estimasi kalori yang berlebih akibat makanan yang berlebih.
  5. Perbanyak konsumsi serat
    Mengonsumsi serat hingga 30 gram sehari sama dengan menjalani diet ketat. ada dua kelompok yang menjadi objek penelitian. Dimana satu kelompok diinstruksikan untuk melakukan diet ketat dengan membatasi gula, lemak jenuh, dan kalori.
    Sedangkan kelompok lainnya diinstruksikan mengonsumsi 30 gram serat dalam sehari. Setelah diteliti selama tiga bulan setelahnya, kedua kelompok sama-sama mengalami penurunan berat badan dan kesehatan jantung mereka pun sama-sama meningkat.
  6. Atur pola makan agar kaya akan susu
    Selain mengandung vitamin D, susu juga kaya akan kalsium. Kedua nutrisi ini membantu proses pembentukan otot. Kemudian metabolisme tubuh juga akan meningkat. Hormon calcitriol mengatur kalsium sehingga tulang menjadi kuat dan membuat lemak lebih banyak yang terbakar.
  7. Konsumsi protein nabati
    Vegetarian memang memiliki tubuh yang lebih ramping ketimbang orang yang mengonsumsi daging. Namun, bagi pemula, tentu tidak mudah untuk menjadi vegetarian karena tanpa protein hewani itu susah. Solusinya adalah dengan mengganti daging dengan protein nabati, seperti mengonsumsi seporsi kacang hitam yang setara dengan 15 gram protein. Atau jamur yang kaya akan rasa umami yang bisa menggantikan setengah prosi daging sapi yang biasa kamu konsumsi.
  8. Konsumsi kopi di pagi hari
    Bagi kamu yang tidak memiliki masalah pencernaan, ada baiknya untuk mengonsumsi kopi di pagi hari untuk melancarkan metabolisme tubuh.
    Kopi tidak hanya mampu membuat kamu melek dan semangat beraktivitas, tetapi juga bisa mempercepat metabolisme tubuh, lho. Hal ini terangkum dalam penelitian oleh “American Journal of Clinical Nutrition” yang mengatakan bahwa metabolisme tubuh bisa dipercepat hingga 12 persen selama tiga jam dengan konsumsi secangkir kopi. Tapi jangan sampai berlebihan, apalagi buat perempuan.
  9. Perbanyak makan sayuran hijau
    Bayam dan sayuran hijau gelap lainnya ternyata mengandung magnesium, zat yang mengatur lebih dari 300 fungsi tubuh. Seperti studi yang dilakukan pada tahun 2013, menyebutkan bahwa konsumsi magnesium lebih banyak punya kadar insulin dan gula darah yang rendah. Ini akan membuat berat badan kamu akan cenderung lebih stabil dan mudah dikendalikan.
  10. Meningkatkan asupan protein
    Penting bagi kamu untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang banyak setiap hari, tapi jangan sampai melebihi angka kebutuhan tubuh kamu. Untuk pria dibutuhkan 56 gram protein dan wanita butuh 46 gram protein dalam sehari. Jika mengonsumsi terlalu banyak protein, kelebihannya akan disimpan menjadi lemak. Tubuh butuh waktu dan energi ekstra mencerna protein dalam tubuh sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama dan kalori akan lebih banyak terbakar.

Gimana tips diet di atas? Gak susah kan? Yuk, mulai dipraktekkan mulai hari ini. Jangan lupa, imbangi juga dengan olahraga, ya. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here