Berikut Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

0
92
Buah srikaya baik bagi kesehatan
Manfaat buah srikaya bagi kesehatan

Picolozine.com, Salah satu desa di Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, ternyata kaya akan potensi buah srikaya. Desa Oro-Oro Ombo Wetan ini merupakan sentra terbesar penghasil Srikaya Annona Squamosa. Bahkan masyarakat yang berprofesi sebagai petani menggantungkan hidupnya dari buah yang satu ini.

Menurut salah satu petani dan pengepul srikaya, biasanya dari satu pohon bisa menghasilkan 100 sampai 150 buah. Kebun srikaya ini menurutnya merupakan pohon warisan nenek moyang sejak puluhan hingga ratusan tahun lalu.

Manfaat buah srikaya bagi kesehatan
Manfaat buah srikaya bagi kesehatan

Buah musiman inimemiliki masa panen 2 kali selama satu tahun pada kisaran Januari-Maret dan September-Nopember. Sejak ditanam dari benih hingga berbuah, membutuhkan waktu 2 tahun lamanya.

Pohon buah ini bertahan hingga 10 tahun lamanya dan bisa berbuah hingga 60 buah dan bisa berbauh seelama 3 bulan di masa panen.

Buah Srikaya dari desa ini juga dijual ke pasar lokal dan mini market di berbagai daerah di Sidoarjo, Mojokerto, Malang, Surabaya, hingga Jakarta. Buah ini dijual dengan harga Rp 25 ribu per kilo di pasar nasional sedangkan di pasar lokal dijual dengan harga kisaran Rp 10 ribu sampai Rp15 ribu.

Harus diperhatikan, peningkatan kualitas buah ini perlu diperhatikan dengan memberikan penanganan khusus yang dilakukan saat panen dan pasca panen. Srikaya yang dipanen cukup matang dan diberikan penanganan baik terhadap buahnya setelah panen, maka kualitas buah yang sampai ke tangan konsumen pun akan lebih baik.

Tahukah kamu bahwa ternyata memiliki manfaat super srikaya bagi kesehatan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Berikut penjelasannya.

Menurunkan kolesterol

Kandungan niasin yang cukup tinggi pada srikaya ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol pada penderita penyakit ini.

Baik untuk pencernaan

Serat yang tinggi pada buah yang memiliki rasa manis ini bisa memperlancar pencernaan. Penderita konstipasi baik mengkonsumsi buah ini.

Obat diabetes

Serat tinggi yang terdapat di dalam Srikaya bisa memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh manusia sehingga bisa terbebas dari penyakit diabetes.

Obat diare

Buah srikaya yang belum matang ternyata ampuh untuk mengobati diare. Kandungan vitamin dan mineralnya disebut efektif menyembuhkan diare.

Mencegah asma

Srikaya mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan. Kandungan ini membuat Srikaya menjadi buah yang ampuh mencegah penyakit asma.

Menurunkan hipertensi

Srikaya juga mengandung potassium yang aktif menurunkan tekanan darah dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Kandungan vitamin B pada srikaya mampu mencegah perkembangan homocystein. Homocystein dalam jumlah besar merupakan penyebab stroke dan jantung koroner. Sehingga mengkonsumsi buah ini bisa membantu mencegah penyakit berbahaya.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Ada lagi kandungan baik yang terdapat dalam buah srikaya, yakni magnesium. Magnesium dikenal ampuh menjaga kepadatan tulang dan kesehatan gigi.

buah srikaya
Jangan memakan biji hitam buah srikaya

Akan tetapi, perlu diperhatikan, ketika mengkonsumsi buah ini, awas jangan makan biji hitamnya. Sebab dalam biji tersebut terkandung zat racun bernama annonain dan resin yang sering dijadikan sebagai racun hama.

Sementara, bagi ibu hamil dilarang meminum air rebusan srikaya sebagai obat herbal. Baik itu air rebusan dari biji, daun, kulit pohon, akar, maupun daging buahnya.

Membuat obat herbal  dari rebusan air buah srikaya juga harus dilakukan secara hati-hati. Sebab biji, kulit kayu, dan akar pohonnya mengandung racun. Penting untuk mendapatkan arahan dari herbalis yang ahli dan berpengalaman sebelum mengolah obat herbal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here