Berikut Menu Sahur yang Bisa Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa

0
79
Menu sahur yang bisa mencegah dehidrasi pada tubuh salah satunya adalah smoothies bowl
Menu sahur yang bisa mencegah dehidrasi pada tubuh salah satunya adalah smoothies bowl

Picolozine.com, Sebentar lagi bulan ramadan 2019 akan datang, tentu kamu sudah harus mempersiapkan berbagai menu sahur yang mudah dibuat dan bikin puasa kamu lancar tanpa dehidrasi sepanjang hari.

Kekurangan cairan tubuh tak hanya mengganggu kelancaran puasa kamu, tetapi juga mengganggu kesehatan. Sehingga kamu perlu memperhatikan asupan dalam menu sahur. Jadi, gimana cara mengatasi masalah dehidrasi ketika berpuasa? Tentu dengan memilih asupan yang masuk ke tubuh. Cairan tidak hanya didapatkan dari air minum saja, tetapi juga dari makanan. Sayur dan buah sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh dan bisa bikin kamu terhindar dari resiko dehidrasi. Nah, berikut menu sahur yang cocok dan bisa kamu konsumsi ketika di bulan Ramadan nanti.

Sayur Bening Bayam

Menu sahur yang bisa mencegah dehidrasi pada tubuh salah satunya sayur bening bayam
Menu sahur yang bisa mencegah dehidrasi pada tubuh salah satunya sayur bening bayam

Kebayang betapa segarnya sayur bening bayam ini, kan? Tidak hanya segar, tetapi juga berisi sayuran yang nikmat seperti bayam dan jagung yang tentu saja kaya akan mineral dan vitamin. Kuahnya juga bisa menjaga cairan dalam tubuh kamu lho.

Nasi Pecel

Nasi pecel terkenal dengan bermacam-macam sayuran yang baik untuk tubuh pastinya. Ada tahu, tempe, saus kacang yang sudah pasti kaya akan protein. Sehingga kamu bisa lebih segar dan tetap kuat menjalani puasa seharian dan terhindar dari dehidrasi.

Soto Ayam

Makanan berkuah seperti ini soto ini bagus untuk menambah cairan dalam tubuh. Selain berkuah, soto juga jadi salah satu makanan yang di dalamnya terdapat sayuran seperti kol dan tomat yang bisa menambah energi tubuh.

Bubur Manado

Menu sahur yang bisa mencegah dehidrasi pada tubuh salah satunya adalah bubur Manado
Menu sahur yang bisa mencegah dehidrasi pada tubuh salah satunya adalah bubur Manado

Bubur Manado sudah dijamin punya cita rasa yang nikmat dan menyehatkan. Selain mengandung air, bubur Manado juga mengandung sayuran bayam serta jagung yang cocok untuk mencegah dehidrasi di tubuh.

Salad

Salad merupakan makanan yang mudah dibuat tetapi bagus sekali untuk kesehatan tubuh. Cara membuatnya mudah, kamu tinggal potong sayuran seperti timun, tomat, dan alpukat. Lalu berikan bumbu dengan air lemon, garam, lada, dan juga minyak zaitun. Jika dengan makan sepiring salad bikin kamu gak kenyang, kamu bisa menjadikannya sebagai camilan ketika sahur.

Smoothies Bowl

Smoothies bisa dijadikan sebagai makanan atau minuman. Jika menyajikannya sebagai makanan, kamu bisa menambahkan granola ataupun kacang almond di atasnya. Tentu saja menu ini menjadi sangat bergizi, mengandung vitamin serta mineral. Asupan yang bagus untuk santap sahur yang akan membuat kamu tetap segar sepanjang hari.

Sup Ayam Jahe

Sup ayam jahe ini dibuat dari daging ayam dengan campuran berbagai macam sayuran seperti wortel dan kentang. Bumbu yang istimewa pada sup ini adalah jahe. Jahe dikenal sebagai salah satu yang baik untuk tubuh dan bisa menyegarkan serta menguatkan tubuh, terutama ketika berpuasa.

Capcay Kuah

Menu sahur yang satu ini tidak sulit untuk dibuat dan memiliki rasa yang nikmat. Di dalamnya terdapat berbagai macam sayuran yang punya rasa lezat yang bisa membuat tubuh kamu tidak dehidrasi di siangnya.

Sandwich Alpukat

Sandwich dikenal sebagai makanan yang mudah membuatnya. Kamu hanya cukup menyiapkan roti dan sayuran yang dibutuhkan seperti timun, tomat, dan alpukat. Kamu juga bisa menambah mayonaise di atasnya. Tentu saja sandwich ini bisa membantu membuat tubuh kamu segar di siang hari saat menjalankan puasa.

Tumis Buncis Telur

Resep menu sahur yang satu ini jelas begitu mudah untuk dibuat. Sayur buncis punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Telur juga kaya akan protein yang tidak kalah bagus untuk kesehatan tubuh. Resep ini praktis dan cocok untuk kamu yang bahkan tinggal sendiri. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here