Berikut Ramuan Jamu Penambah Nafsu Makan untuk Anak

0
48
Tambah nafsu makan anak dengan jamu
Jamu untuk penambah nafsu makan anak

Picolozine.com, Jamu merupakan ramuan tradisional alami yang memiliki banyak sekali khasiat. Salah satunya untuk menambah selera makan bagi anak-anak. Balita yang kehilangan nafsu makan seringkali membuat para ibu khawatir. Terlebih jika si anak masih dalam usia pertumbuhan. Berbagai cara akan dilakukan ibu untuk membuat si kecil kembali semangat melahap makanan yang sudah disiapkan. Selain memberikan si kecil multivitamin, Ibu juga bisa mencoba resep ramuan tradisional meningkatkan nafsu makan si buah hati. Simak resepnya ya.

Ramuan kunyit

Di dalam kunyit terdapat kandungan kurkuminoid yang bisa menjadi penambah nafsu makan anak karena bisa mengosongkan lambung dan membuat anak jadi cepat lapar. Selain menambah nafsu makan, ramuan dari kunyit ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh lho. Cara membuatnya juga gampang kok, tinggal rebus kunyit yang sudah digeprek terlebih dahulu dengan rebusan air selama 10 menit dengan api kecil. Agar rasanya lebih enak, tambahkan madu setelah air rebusan kunyi tersebut dingin, jangan lupa menyaring air rebusan terlebih dahulu. Berikan ramuan tersebut secara rutin ya.

Konsumsi Jeruk atau lemon

Jamu tradisional bisa menambah nafsu makan
Jamu untuk menambah nafsu makan anak

Baik jeruk maupun lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak serta meningkatkan nafsu makan. Lemon atau jeruk ini juga bagus untuk membunuh kuman dan membersihkan tubuh dari racun. Caranya juga mudah, satu buah lemon diperah lalu dicampurkan dengan air hangat. Resep ramuan ini bisa dikonsumsi hingga dua kali sehari untuk nafsu makan anak yang kembali normal.

Ramuan air jahe

Bumbu dapur yang satu ini juga dikenal ampuh untuk mengembalikan nafsu makan. Jahe mengandung kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, vitamin dan lainnya. Khasitanya juga banyak, seperti meredakan rasa kembung, meningkatkan nafsu makan, membersihkan organ pencernaan dari racun yang ada. Cara menyajikan jamu ini juga cukup mudah. Terlebih dahulu tumbuk kasar jahe lalu rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan menyisakan satu gelas saja. Lalu tiriskan. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan lemon dan juga madu. Kamu bisa berikan setengah gelas setiap pagi untuk si kecil untuk mengembalikan nafsu makannya.

Ramuan temulawak

Temulawak sudah dikenal sejak dulu menjadi bahan yang ampuh mengembalikan nafsu makan. Ini karena terdapatnya kandungan curcuma di dalamnya. Membuat ramuan ini juga tidak butuh usaha yang terlalu kuat. Kamu hanya perlu menyiapkan 25 gram temulawak yang ditumbuk kasar terlebih dahulu, lalu campurkan dengan 10 gram asam jawa dan gula merah. Bahan-bahan tersebut direbus dalam panci dengan 600 ml air hingga mendidih dan tersisa setengahnya saja. Jadi deh, ramuannya bisa langsung dikonsumsi.

Ramuan lempuyang

Lempuyang ini sudah lama dikenal memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahan alami ini mampu menambah naffsu makan pada balita dengan kisaran umur 1-3 tahun. Untuk resepnya, kamu tinggal menyiapkan satu ruas jari lempuyang yang dihaluskan, lalu tambahkan air secukupnya lalu diaduk rata, dan peras menggunakan kain bersih. Agar rasanya lebih nikmat, tambahkan air asam, gula merah dan garam secukupnya. Konsumsi setiap hari sekitar 50 ml saja ya.

Ramuan daun pepaya

Tidak hanya buahnya yang enak dan bisa dikonsumsi, tetapi daunnya juga bsia dijadikan jamu, lho. Ramuan daun pepaya bisa mengembalikan nafsu makan anak. Tidak hanya itu, daun pepaya juga berkhasiat melancarkan pencernaan. Cara membuatnya tidak ribet. Tumbuk daun pepaya, lalu tambahkan sedikit air. Campuran tersebut diperas dan saring airnya. Tambahkan madu untuk menambah cita rasa.

Ramuan beras kencur

Tambah nafsu makan anak dengan jamu
Jamu beras kencur untuk tambah nafsu makan

Jamu tradisional terakhir adalah beras kencur yang memang sejak dulu dikenal bisa menambah nafsu makan anak. Meski gampang ditemukan di toko atau penjual jamu keliling, kamu juga bisa membuatnya sendiri lho. Pertama, rebus kencur, jahe, dan asam jawa hingga mendidih. Jika sudah mendidih, pisahkan ampas dengan air rebusan. Lalu tambahkan beras yang sudah direndam dan dihaluskan terlebih dahulu. Aduk rata dan tunggu hingga ada endapan patinya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here