Berukuran Kecil, Manfaat Daun Kelor Ternyata Luar Biasa

0
74
Manfaat daun kelor bagi kesehatan
Manfaat daun kelor bagi kesehatan

picolozine.com, Meski berukuran kecil, manfaat daun kelor dikenal begitu banyak. Tanaman yang berasal dari suku Moringaceae ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Daun yang memiliki bentuk oval dan bertangkai ini memiliki pohon setinggi 11 meter dengan bunga kuning yang punya wangi semerbak.

Berikut beberapa manfaat daun kelor yang perlu kamu tahu.

Menurunkan gula darah

Penyakit gula darah memang merupakan masalah serius pada kesehatan tubuh. Diabetes disebabkan karena tingginya gula darah. Jika dibiarkan, gula darah yang tinggi akan menyebabkan penyakit-penyakit lain seperti penyakit jantung, misalnya. Salah satu cara menurunkan gula darah adalah dengan mengkonsumsi daun kelor.

Bahkan pada sebuah penelitian yang mencoba mencampurkan 50 gram daun kelor dalam makanan bisa mengurangi kenaikan gula darah hingga 21 persen. Jika kamu ingin menurunkan kadar gula darah, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi daun kelor ini.

Anti stress

Manfaat daun kelor begitu banyak, apa saja?
Manfaat daun kelor begitu banyak, apa saja?

Daun yang memiliki nama latin Moringa Oleifera adalah salah satu adaptogen alami yag punya kemampuan melindungi tubuh dari efek toksik akibat stress.

Mengurangi peradangan

Ketika ada infeksi atau cedera, tubuh akan memberikan respon alami berupa peradangan yang merupakan mekanisme perlindungan tubuh. Tetapi jika berlanjut, peradangan ini bisa menjadi gejala penyakit kanker dan juga jantung. Daun kelor mengandung anti-inflamasi yang mengurangi peradangan di tubuh.

Kaya Antioksidan

Radikal bebas dalam tubuh bisa dilawan dengan antioksidan. Stress disebabkan oleh adanya radikal bebass yang tinggi yang berlanjut pada penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi daun kelor bisa menjadi solusi mengurangi radikal bebas dalam tubuh karena kaya akan antioksidan. Mengkonsumsi daun kelor bisa dengan menyeduh menjadi teh atu mengambil ekstraknya dan dijadikan sebagai bahan pengawet alami makanan.

Menurunkan kolesterol

Risiko penyakit jantung bisa disebabkan karena jumlah kolesterol yang tinggi dalam darah. Berbagai makanan yang bisa menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh, salah satunya daun kelor.

Anti kanker

Ekstrak daun kelor memiliki manfaat untuk mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Hal ini sudah ditunjukkan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia pada Juni 2011 lalu yang diterbitkan pada jurnal Food and Chemical Toxicology. Dari penelitian tersebut, peneliti dunia yang terkemuka itu menyimpulkan bahwa daun kelor memiliki manfaat sebagai encegahan alami untuk mengatasi kanker.

Mengobati arthritis

Ternyata manfaat daun kelor juga bisa membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit dari arthritis. Hal ini termuat dalam Journal of Chinese Integrative Medicine edisi Februari 2011. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor dan akarnya bisa mengurangi kepekaan terhadap rangnsangan yang menyebabkan sendi rematik menjadi sakit. Kombinasi ekstrak akar dan daun kelor ini juga memiliki efek sinergis yag bisa mengurangi rasa sakit.

Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun kelor diyakini bisa menjadi sumber vitamin A yang bahkan lebih besar dari wortel. Sehingga mengonsumsi daun kelor setiap hari bisa memberikan efek yang begitu besar bagi mata.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kalsium dan serat punya kontribusi yang besar bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh. Daun kelor ternyata merupakan sumber kalsium dan serat yang tinggi dan bisa membantu mengontrol berat badan kamu. Sebab mengonsumsi daun kelor bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan mendukung proses metabolisme tubuh yang optimal.

Anti diabetes

Manfaat daun kelor yang terakhir adalah sebagai anti diabetes. Tingginya seng yang terkandung dalam daun kelor penting bagi tubuh untuk produksi insulin. Daun kelor ini bekerja maksimal untuk mengatasi penyakit diabetes dan penyebabnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here