Buka Puasa dengan Madu Bikin Tubuh Lebih Sehat

0
66
Buka puasa dengan mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan
Buka puasa dengan mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan

picolozine.com, Buka puasa merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Setelah seharian menahan lapar dan haus, berbuka adalah waktu untuk mengembalikan energi yang hilang.

Sebagai bulan yang penuh dengan keberkahan dan menjadi ladang pahala, umat Islam tentu saja akan memanfaatkan bulan ramadan untuk memperbanyak ibadah. Menjaga kesehatan adalah penting untuk dijaga agar tetap fit sepanjang waktu. Salah satu cara agar kesehatan tetap terjaga adalah dengan rutin mengkonsumsi madu saat buka puasa. Ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Berikut khasiat mengkonsumsi madu disaat berbuka puasa.

Tidak membuat gula darah meningkat

Berbuka dengan makanan dan minuman yang manis merupakan anjuran. Tetapi ada yang perlu kamu ketahui, yakni makanan atau minuman yang bukan sembarang manis. Karena bisa menyebabkan gula darah kamu naik secara drastis.

Berbeda jika kamu mengkonsumsi makanan dan minuman dengan menggunakan pemanis alami dari madu. Madu dijamin tidak akan meningkatkan kadar gula darah karena mengandung pemanis yang kompleks sehingga butuh waktu lama untuk dicerna dan tidak akan mempengaruhi kadar gula darah.

Menurunkan kadar trigliserida

Buka puasa sebaiknya mengkonsumsi madu
Buka puasa sebaiknya mengkonsumsi madu

Makanan manis dan gorengan adalah jenis menu berbuka puasa yang pasti selalu ada. Padahal menu tersebut kurang sehat karena makan gorengan bisa meningkatkan kadar lemak dalam darah. Lemak darah tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti kanker dan stroke.

Ada baiknya setelah mengkonsumsi madu, diimbangi dengan minum madu karena bisa mengurangi kadar trigliserida. Trigliserida merupakan sejenis lemak yang banyak terdapat di dalam darah dan bisa membuat pembuluh darah menebal.

Sistem pencernaan lebih sehat

Konstipasi merupakan masalah pencernaan yang kerap dikeluhkan oleh orang-orang yang berpuasa. Ternyata masalah konstipasi ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi larutan madu yang dicampur dengan air hangat ketika berbuka. Larutan madu ini akan membantu organ pencernaan untuk menyerap nutrisi makanan yang masuk ke tubuh. Sehingga bisa membuat sistem pencernaan dan juga metabolisme tubuh kamu jadi lebih lancar. Selain konsumsi madu, pastikan juga makanan yang kamu makan mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk sistem pencernaan kamu.

Memberi energi yang lebih lama

Tahukah kamu bahwa madu ternyata mengandung kalori baik yang cukup tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa madu mengandung senyawa kompleks yang tidak mudah dicerna. Itulah sebabnya madu dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan buka puasa agar memberikan stamina dan energi yang lebih lama. Sehingga ibadah puasa kamu tetap lancar dan tetap semangat menjalankan aktivitas yang padat. Malamnya kamu bisa tetap menjalankan ibadah tarawih dengan khusyu.

Meningkatkan kekebalan tubuh dan atasi flu

Di bulan ramadan terkadang membuat sebagian orang tidak sempat untuk menjaga kesehatan seperti tidur yang cukup dan melakukan olahraga. Lemahnya kekebalan tubuh bisa mendatangkan penyakit seperti flu, radang tenggorokan, batuk, dan juga demam.

Kandungan dextromethorphan dan diphenhydramine pada madu dapat mengurangi gejala alergi dan menekan kondisi batuk yang biasanya terdapat dalam obat batuk. Senyawa ini juga bisa meingkatkan kualitas tidur kamu lho.

Sehingga mengkonsumsi cairan madu tidak hanya baik dilakukan saat buka puasa, tetapi juga saat sahur agar kondisi tubuh terus terjaga. Meskipun begitu, tetap saja kamu tidak bisa mengkonsumsi madu sembarangan dalam jumlah yang berlebihan. Kandungan kalori baik yang cukup tinggi pada madu bisa menaikkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Karena sesuatu yang berlebihan memang tidak baik ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here