Bunda, Yuk Simak Ini Cara Mengatasi Bayi Pilek

0
36
Cara Mengatasi Bayi Pilek
Cara Mengatasi Bayi Pilek

Picolozine.com, Indonesia saat ini tengah berada di masa musim pancaroba. Perubahan musim tidak bisa diprediksi dan membuat orang dewasa dan terutama anak-anak rawan terkena penyakit flu, batuk serta demam. Tak jarang anak bayi terkena pilek, karena sistem imunitas bayi yang belum sempurna membuat mereka lebih rentan terserang penyakit. Berbagai cara mengatasi pilek pada bayi pun dilakukan oleh para orang tua, dengan cara alami atau pun dengan menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter.

Dilansir dari laman halodoc.com, pilek merupakan kondisi keluarnya cairan bening dari hidung yang biasa disebut dengan ingus. Setelah seminggu, lendir atau ingus ini mungkin akan berubah menjadi warna kuning atau hijau. Untuk orang dewasa yang mengalami kondisi ini mulai merasa tidak nyaman karena pernafasan akan terganggu serta membuat kepala pusing. Bayi pun juga akan merasa demikian dan bisa diikuti dengan batuk serta demam. Bayi yang telah terserang pilek pada umumnya tidak rewel tetapi mengalami kesulitan bernafas. Ini pun yang perlu diwaspadai oleh orang tua.

Salah satu cara untuk menyingkirkan kuman pada tubuh bayi adalah dengan mengeluarkan ingus pada hidung bayi. Pilek yang terjadi pada bayi mungkin tidak menyebabkan bahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi orang tua perlu tahu sejumlah cara mengatasi pilek pada bayi. Berikut cara-caranya:

Perbanyak Istirahat

Memperbanyak istirahat merupakan salah satu cara untuk mengatasi pilek pada bayi. Orang tua perlu memastikan bayi banyak istirahat atau tidur dengan waktu yang cukup. Jika seseorang mengalami kekurangan istirahat, terutam pada bayi, bisa menyebabkan tubuhnya lemah dan membuat si bayi mudah terserang penyakit. Orang tua harus pastikan bayi mendapatkan lebih banyak istirahat ketika pilek.

Menyalakan Pelembap Udara

Salah satu cara lainnya untuk mengatasi pilek pada bayi adalah dengan menyalakan pelembap udara. Alat ini dapat membuat udara di ruangan terutama kamar bayi menjadi lebih hangat, sehingga lendir yang berada dalam hidung si bayi akan dengan mudah keluar secara perlahan. Udara yang lebih hangat juga membuat tubuh bayi mudah berkeringat sehingga rongga hidung menjadi lebih terbuka dan mempermudah lendir keluar.

Obat Semprot Hidung

Saline atau biasa disebut dengan obat semprot hidung bisa dijadikan salah satu cara untuk mengatasi pilek pada bayi. Obat ini memiliki fungsi untuk mengurangi produksi lendir di hidung yang membuat saluran hidung menjadi tersumbat. Untuk menggunakan obat ini ubahlah posisi bayi menjadi berbaring, kemudian semprotkan 2 hingga 3 kali ke rongga hidung. Lalu, lendir akan keluar bersamaan dengan bersin atau batuk.

Alat Penyedot Ingus

Cara lainnya untuk atasi pilek bayi adalah dengan menggunakan alat penyedot ingus atau bisa disebut dengan bulb syringe. Alat ini biasa digunakan ketika lendir atau ingus tidak juga keluar usai menggunakan obat semprot atau saline. Fungsi alat ini adalah untuk mempercepat ingus keluar dari hidung agar bayi lebih mudah untuk bernapas. Meski demikian, cara ini pun umumnya digunakan pada bayi yang berusia masih di bawah 6 bulan.

Atur Posisi Tidur Bayi

Mengubah posisi tidur si bayi bisamenjadi salah satu cara untuk mengatasi pilek lho. Posisi tidur yang baik pada bayi yang sedang pilek yaitu dengan membuat posisi kepala bayi lebih tinggi dari badannya. Posisi ini membuat bayi lebih mudah untuk bernafas dan juga membuat lendir tidak menggumpal di hidung.

Memperbanyak Konsumsi Cairan

Ketika bayi pilek, orang tua harus memberikan banyak cairan agar pilek lebih cepat hilang. Memberikan air putih hangat yang dicampur dengan sedikit madu bisa menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menyembuhkan pilek. Minuman hangat ini dapat membuat tubuh bayi berkeringan dan membuat ingus yang berada di rongga hidung dengan mudah keluar sehingga membuat pernafasan bayi menjadi lebih lega.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here