Cara Diet Sehat dengan Buah Plum

0
34
Buah Plum untuk program diet
Buah plum untuk melancarkan diet

Picolozine.com, Buah Plum mungkin terdengar asing bagi sebagian orang Indonesia. Namun ternyata, buah import satu ini merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, zat besi, mineral,  serat, dan juga fenol serta kandungan-kandungan lainnya.

Buah Plum mungkin terdengan asing bagi sebagian orang Indonesia. Namun ternyata, buah import satu ini merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, zat besi, mineral,  serat, dan juga fenol serta kandungan-kandungan lainnya.

Buah prem yang stu ini masuk ke dalam genus Prunus dari keluarga Rosaceae seperti persik, aprikot, dan juga nektrin. Ada berbagai variasi warna dan bentuk, bahkan hingga lebih dari 2.000 varietas.

Buah yang memiliki warna yang menarik dan rasa yang lezat ini termasuk jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tetapi, dijamin banyak sekali manfaat di balik buah yang satu ini, termasuk untuk melancarkan program diet kamu, lho.

Cara diet sehat dengan buah plum
Buah Plum untuk diet

Sebagai buah yang dikenal baik memperlancar metabolisme dalam tubuh, tentu saja bisa membuat proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh kamu menjadi optimal. Kandungan serat dalam buah import ini juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Wajar saja jika buah ini disebut cocok untuk dikonsumsi saat menjalani program diet kamu.

Lalu, gimana sih diet dengan buah Plum ini? Tenang, karena akan ada 4 cara yang bisa kamu ikuti jika tertarik mencoba diet buah ini. Yuk, disimak.

Konsumsi langsung

Buah yang satu ini tentu saja bisa dikonsumsi secara langsung untuk memperlancar program diet kamu. Waktu paling cocok buat menikmati buah ini adalah ketika sedang bersantai sore, atau disaat jam menonton televisi. Buah ini bisa kamu gunakan sebagai camilan sehat pengganti camilan kamu yang berpotensi bikin gendut. Akan tetapi buat kamu yang tidak menyukai rasa asam tidak disarankan untuk mengkonsumsi langsung buah ini. Sebab, meskipun memiliki rasa manis yang alami, buah ini juga memiliki rasa asam.

Jus

Mengkonsumsi Plum dalam bentuk jus mungkin sudah sering kamu temui. Rasa asam yang ada pada buah ini bikin kamu atau sebagian orang susah untuk menikmatinya. Sehingga diminum dalam bentuk jus akan lebih memudahkan kamu ketika mengkonsumsinya, terlebih jika ditambahkan madu yang akan membuat rasanya semakin nikmat.

Membuatnya tentu juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyediakan buah berwarna merah kehitaman ini, pilihlah yang segar, cuci dan potong-potong sesuai keinginan. Lalu blender dengan menambahkan madu dan es batu agar rasanya lebih segar. Voila, jus buah plum bisa kamu nikmati.

Pasta

Asing mendengar pasta buah plum? Tidak masalah. Buah yang termasuk makanan superfood ini cocok untuk dijadikan menu sarapan karena mengandung karbohidrat dan serat.sehingga ini cukup efektif menjadi sumber energi bagi tubuh kamu dan juga memberikan rasa kenyang yang cukup lama.

Cara membuat pasta dari buah ini juga tidak susah, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan Plum segar yang dipotong menjadi beberapa bagian lalu dicuci hingga bersih. Langkah selanjutnya adalah memasukkan potongan buah plum ke dalam mangkok lalu tuangkan air mendidih. Tutup mangkok dan diamkan sekitar 15 menit

Sambil menunggu, kamu bisa menyiapkan campuran kefir, gandum, dan juga biji rami dalam satu mangkok yang berbeda. Jika sudah 15 menit, campurkan mangkok pertama yang berisi plum dengan mangkok kedua. Aduk hingga membentuk pasta dan simpan di kulkas. Pasta plum siap untuk disantap!

Plum kering

Buah plum juga bisa dikeringkan terlebih dahulu sebelum disantap. Ini adalah salah satu cara agar plum bisa lebih tahan lama. Cara membuat plum kering juga mudah. Siapkan plum yang sudah matang dan dicuci bersih terlebih dulu. Siapkan sebuah nampan yang cukup besar lalu letakkan plum di atasnya dan jemur di bawah sinar matahari selama 3 hingga 4 hari sampai benar-benar kering. Selain menggunakan sinar matahari, mengeringkan plum juga bisa dengan memanggangnya dengan memanfaatkan oven. Kedua cara pengeringan ini akan memiliki rasa yang berbeda. Sebelum dikonsumsi, plum kering direbus dulu dengan air mendidih ya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here