Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah dengan Konsumsi Makanan Ini

0
13
cara mengatasi hemoglobin rendah
Ada sejumlah cara untuk mengatasi hemoglobin rendah.

picolozine.com, Tubuh sering merasa lelah, dan lemah, bisa menjadi salah satu tanda bila Anda kekurangan hemoglobin atau Hb. Seseorang yang kekurangan hemoglobin pun bisa diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan darah. Ada sejumlah cara mengatasi hemoglobin rendah, mulai dari konsumsi obat hingga konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Berikut adalah penjelasan mengenai hemoglobin, fungsi, dan cara mengatasi hemoglobin rendah

Apa itu Hemoglobin dan Fungsinya?

Hemoglobin merupakan molekul protein dalam sel darah merah yang memiliki tugas untuk membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh serta mengembalikan karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru untuk kemudian dikeluarkan melalui pernapasan.

Hemoglobin juga memiliki peranan penting lho dalam menjaga bentuk sel darah merah. Normalnya, sel darah merah berbentuk bulat dengan bagian tengah yang pipih nyaris menyerupai donat tanpa lubang di tengahnya. Struktur dari hemoglobin yang abnormal ini bisa mengganggu bentuk sel darah merah serta menghalangi fungsinya untuk bekerja melalui pembuluh darah.

Apa Sebab Hemoglobin Rendah?

Banyak faktor yang bisa menyebabkan kadar hemoglobin berkurang pada seseorang. Seperti pada umumnya karena pendarahan yang dapat berasal dari luka, pendarahan di saluran pencernaan, saluran kemih, ketika menstruasi berat serta pendarahan pasca persalinan.

Akan tetapi, berkurangnya hemoglobin juga bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit yang membuat produksi hb atau sel darah merah ini berkurang. Penyakit ini seperti anemia, anemia aplastik, kekurangan vitamin B12, kanker, gasritis, sirosis, penyakit Hodgkin, gagal ginjal kronis, dan lain sebagainya. Selain itu, obat kemoterapi juga bisa menyebabkan kadar Hb pada tubuh seseorang rendah.

Adapun kelainan yang bisa merusak hemoglobin lebih cepat dari kemampuan tubuh untuk memproduksinya seperti kelainan porfiria, radang pada pembulu darah, serta gangguan pada proses pembentukan sel darah merah seperti thalassemia dan anemia sel sabit.

Cara Meningkatkan Hemoglobin

Bagi Anda yang mengalami penurunan kadar Hb, Berikut adalah sejumlah cara untuk meningkatkan hemboglobin yang rendah:

Cara mengatasi hemoglobin rendah
Konsumsi makanan mengandung zat besi bisa menjadi cara mengatasi hemoglobin rendah.
  • Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Untuk Anda yang mengalami penurunan kadar hemglobin ada baiknya untuk menambah asupan makanan yang kaya akan zat besi (Fe). Zat besi ini berfungsi untuk meningkatkan produksi hemoglobin dan mencegah anemia. Makanan yang mengandung zat besi antara lain seperti daging, ikan, hati ayam atau sapi, telur, sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, dan brokoli.

Selain makanan tadi, zat besi ini juga telah tersedia dalam bentuk suplemen cair dan tablet. Anda hanya perlu memperhatikan atuiran pemakaiannya ketika menggunakan suplemen ini. Dalam satu hari, pria dewasa dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat besinya setidaknya 13 mg, sedangkan untuk wanita dewasa berusia 19 hingga 49 tahun membutuhkan setidaknya 25 mg zat besi per hari.

  • Konsumsi Makanan tinggi Vitamin C dan Beta-Karoten

Setelah konsumsi makanan tinggi zat besi tentunya diperlukan penyerapan gizi yang maksimal. Guna membantuk penyerapan zat besi secara optimal, Anda perlu konsumsi makanan yang kaya akan vitamin c dan A secara bersamaan. Vitamin c ini berfungsi untuk membantu meningkatkan jumlah zat besi yang nantinya akan diserap tubuh. Makanan-makanan yang kaya akan vitamin c seperti, jeruk, stoberi, pepaya, kiwi serta sayuran hijau.

Selain itu, perlu juga konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menyerap lebih banyak zat besi. Vitamin A ini bisa ditemui dari sumber makanan seperti ikan dan hati. Sedangkan, untuk beta-karoten biasanya banyak ditemukan di buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah, kuning, dan orange seperti wortel, paprika, tomat, dan cabai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here