Cara Menyembuhkan Panas Dalam dengan Bahan Alami

0
42
Panas dalam
Cara Menyembuhkan Panas Dalam dengan Bahan Alami

picolozine.com, Gejala panas dalam biasanya dirasakan dengan sakit tenggorokan, sariawan, dan bibir kering. Saat merasakan gejala tersebut biasanya kalian akan membeli minuman penyegar atau obat-obatan yang tersedia. Padahal, panas dalam itu sendiri sebetulnya bukan penyakit, lho. Jadi Anda bisa saja mengonsumsi obat alami, tanpa obat dan bahan kimia tambahan.

Panas dalam lebih tepat diartikan sebagai serangkaian gejala yang menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan. Istilahnya sendiri sebenarnya berakar dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok. Sejak berabad-abad lalu, para tabib di Tiongkok percaya kalau suhu tubuh manusia sejatinya selalu seimbang. Kalau suhu dalam tubuh tidak seimbang, karena terlalu panas misalnya, Anda pun akan mengalami gejala-gejalanya. Karena itu Anda butuh minuman penyegar yang bisa mengembalikan suhu tubuh supaya seimbang lagi.

Sedangkan dalam ilmu kedokteran modern, gejala-gejala tersebut biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Bibir kering dan lemas dapat diakibatkan oleh dehidrasi. Sedangkan sembelit bisa terjadi karena Anda kekurangan asupan serat, vitamin, dan mineral. Sakit tenggorokan dan sariawan juga tidak disebabkan oleh panas di dalam tubuh, melainkan karena infeksi atau penyakit lainnya.

Berikut obat alami yang bisa meredakan panas dalam kalian:

1. Air Putih

Mengkonsumsi air putih dapat meredakan gejala panas dalam. tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi, pastikan Anda cukup minum air putih. Untuk menggantikan cairan yang hilang, usahakan untuk minum paling tidak sepuluh gelas air dalam sehari.

2. Air Garam

Berkumur dengan larutan garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam. Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak. Sedangkan untuk mengusir sariawan, Anda bisa berkumur di area yang sakit. Anda bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan. Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang efektif.

3. Lemon

Kalian bisa banget menggunakan buah lemon sebagai bahan utama infused water loh. Air lemon juga bisa mengatasi panas dalam yang biasanya melanda mereka yang sakit flu atau batuk. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon akan meningkatkan jumlah produksi air liur sehingga membran mukosa akan terjaga kelembabannya. Anda bisa mencampur lemon dengan air hangat serta menambahkan madu. Ini adalah cara untuk memaksimalkan khasiat dari air lemon.

4. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah dengan kandungan antibakteri dan antiperadangan yang bisa menjadi obat panas dalam alami. Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak jahe yang dioleskan ke area tenggorokan penderita ISPA dapat membunuh beberapa bakteri penyebab penyakit. Anda bisa membuat teh jahe dengan merebusnya dengan air panas. Tambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.

5. Madu

Madu ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Jadi, kalau tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. Anda bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja. Madu juga bisa jadi solusi bibir kering sampai pecah-pecah. Nah, oleskan madu pada bibir Anda untuk menjaga kelembapan alaminya.

6. Sayur dan buah

Sayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, sayur dan buah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Pilih sayur dan buah yang warnanya terang dan pekat untuk kandungan nutrisi terbaik. Misalnya sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli. Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam. Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur dengan kulitnya.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa kalian konsumsi disaat panas dalam. Kalian bisa mencobanya sebelum memilih untuk mengonsumsi obat berbahan kimia. Namun bila gejala panas dalam terus berlanjut, semakin parah dan dalam waktu yang lama kalian bisa memutuskan untuk periksa ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here