Cara Meredakan Mata Bengkak Usai Menangis yang Wajib Dicoba

0
19
cara meredakan mata bengkak
Menangis sering kali melegakan, namun efeknya membuat mata bengkak. Ada sejumlah cara meredakan mata bengkak usai menangis.

picolozine.com, Menangis menjadi sangat melegakan ketika tengah menghadapi masalah yang tidak tahu ingin diceritakan ke siapa. Akan tetapi, setelah menangis mata menjadi bengkak dan tidak enak dilihat. Ada sejumlah cara meredakan mata bengkak yang mudah.

Setelah menangis timbul mata bengkak. Sebenarnya apa sebabnya? Mata bengkak setelah menangis ini rupanya disebabkan oleh kandungan yang ada pada air mata. Air mata yang keluar saat meluapkan emosi dianggap berbeda jika dibandingan air mata yang keluar saat kita tengah mengucek mata karena kemasukan debu atau menguap.

Air mata yang disebabkan luapan emosi bahagia atau sedih ini diduga mengandung lebih banyak air, hormon stres dan mangan. Ketika air mata ini mengenai jaringan di sekitar bola mata yang memiliki kadar garam tinggi membuat jaringan tersebut menjadi membengkak.

Kalau sudah menangis pasti bikin mata sembab dan jadi malu untuk keluar rumah. Berbagai cara pun dilakukan untuk segera menghilangkan mata bengkak itu. Yuk simak cara meredakan mata bangkak usai menangis!

Kompres dengan Air Dingin

Cara untuk meredakan mata bengkak yang cukup cepat yaitu dengan cara mengompres wajah dengan menggunakan air dingin. Air dingin berfungsi untuk mengecilkan mata bengkak. Caranya yaitu Anda bisa melakukannya dengan cara tiduran sambil memejamkan mata. Kemduain, letakan handuk atau kain yang sudah direndam di air dingin ke area mata selama 10 menit.

Mengkompres dengan air dingin ini bisa membantu menyempitkan pembuluh darah yang membuat aliran cairan ke jaringan lunak di sekitar mata Anda.

Menginggikan Posisi Kepala

Selain mengkompres dengan air dingin, cara meredakan mata bengkak lainnya adalah dengan mengurangi aliran darah ke mata dengan cara menjaga agar letak kepala lebih tinggi dari jantung atau mendongakkan kepala. Jika ingin dilakukan sambil tiduran, letakan bantal yang lebih tinggi di bawah kepala Anda agar posisi kepala lebih tinggi.

Kompres Teh

Cara ini mungkin sudah banyak diketahui oleh banyak orang untuk meredakan mata bengkak salah satunya adalah dengan menggunakan teh atau teh celup. Caranya adalah dengan mencelupkan dua kantong teh ke dalam air es selama 10 menit, kemudian tekan ke kulit bawah mata hingga mencapai sudut luat mata Anda. Setelah itu pijat ringan selama kurang lebih 5 menit, lalu ulangi prosedur ini beberapa kali hingga bengkak pada mata terlihat berkurang.

Kompres dengan Sendok

cara meredakan mata bengkak
Mengkompres mata dengan sendok dingin bisa menjadi cara meredakan mata bengkak usai menangis.

Jika Anda masih memiliki cukup banyak waktu sebelum kembali ke keramaian usai menangis, Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengurangi bengakak pada mata. Caranya adalah dengan masukan sendok bersih ke dalam freezer kulkas selama 10 hingga 20 menit. Kemudian, tekan sendok secara perlahan langsung di bawah mata Anda, mulai dari bagian mata dalam dan pijat mengarah ke luar. Lakukanlah perlahan di kedua mata secara satu per satu.

Gunakan Concealer

Untuk menyembunyikan kemerahan yang tersisa pada wajah dan area bagian mata secara cepat, Anda bisa menggunakan concealer lho. Pertama, oleskan di tempat yang ingin disamarkan seperti bagian bawah mata dan wajah yang kemerahan dan baurkan hingga merata. Setelah itu, bubuhkan bedak untuk tetap menjaga concealer agar tidak luntur.

Itu sejumlah cara yang bisa dilakukan ketika ingin meredakan dan menyamarkan mata bengkak usai menangis dan ingin kembali ke aktifitas di luar ruangan. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here