Cegah Penyakit Stroke Dengan Beberapa Tips Berikut

0
95
Ilustrasi stroke (istimewa)
Ilustrasi stroke (istimewa)

picolozine.com – Penyakit stroke menjadi salah satu penyakit yang ditakuti semua orang. Pasalnya, banyak penderita stroke yang berujung pada kematian. Baru-baru ini aktor senior Robby Tumewu meninggal karena mengidap penyakit stroke. Robby sudah mengidap penyakit stroke tersebut sejak tahun 2013.

Untuk menghindari penyakit mematikan tersebut, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips pola hidup sehat untuk mencegahnya:

Jauhi Rokok (istimewa)
Jauhi Rokok (istimewa)
  1. Jauhi Rokok

Semua orang tentu tahu banyak efek negatif dari kebiasaan merokok untuk jangka panjangnya. Merokok bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan mengakibatkan darah dan oksigen tidak mengalir dengan baik.

Ketika darah terhambat pengalirannya, darah akan menggumpal dan tekanan darah akan meningkat. Menjauhi rokok bukan hanya untuk perokok aktif, tips ini juga berlaku untuk para perokok pasif.

Olahraga teratur (istimewa)
Olahraga teratur (istimewa)
  1. Olahraga Teratur

Kegiatan ini tentu bisa mencaga tubuh kita tetap sehat. Jika dilakukan dengan rutin, akan meningkatkan daya tahan tubuh yang membuat tubuh kita kebal dari penyakit. Olahraga bisa mengurangi risiko stroke dengan cara memperbaiki kesehatan pembuluh darah. Jika pembuluh darah sehat, akan menurunkan faktor risiko seperti hipertensi dan obesitas.

Penelitian menunjukkan orang yang rutin berolahraga pada usia 25-40 tahun akan menurunkan resiko terkena stroke sebesar 57 persen.

Jangan sampai berat badan berlebih (istimewa)
Jangan sampai berat badan berlebih (istimewa)
  1. Jangan Sampai Berat Badan Berlebih

Seperti yang sudah disebutkan, kelebihan berat badan atau obesitas bisa menyebabkan stroke. Dengan olahraga teratur dan mengatur pola makan bisa menjaga berat badan aga tetap ideal. Kamu juga melakukan diet jika sudah memiliki berat badan yang berlebih.

Untuk menghitung berapa berat badan ideal, anda bisa menghitung dengan sederhana. Ukurlah berapa tinggi badan anda lalu kurang 110, maka hasilnya akan menunjukkan berapa berat badan ideal anda.

Cukup tidur (istimewa)
Cukup tidur (istimewa)
  1. Cukup Tidur

Tidur adalah aktivitas yang sangat penting untuk manusia. Saat tidur, sel-sel akan memperbaiki diri sehingga tubuh menjadi seperti di refresh. Pola tidur yang baik juga bisa mengurangi stres dan menjaga konsentrasi serta ketelitian. Fungsi memori dan sistem kekebalan tubuh juga akan terjaga dengan baik.

Tidur yang ideal adalah 7-9 jam sehari dan waktu yang ideal adalah jam 10 malam sampai jam 6 pagi. Sementara itu, terlalu banyak malah akan meningkatkan risiko terjangkit stroke.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here