Efek Samping Minum Air Rebusan Serai Serta Khasiatnya Bagi Tubuh

0
22
efek samping minum air rebusan serai
Efek samping minum air rebusan serai beragam mulai dari mual hingga pusing

Picolozine.com, Serai atau sereh merupakan tubuhan yang berasal dari anggota suku rerumputan yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur yang berguna untuk mengharumkan makanan. Selain itu, serai ini bisa diolah menjadi minyak serai. Minyak atsiri ini diperoleh dengan melakukan penyulingan pada bagian atas serai. Minyak serai atau tanamannya ini memiliki fungsi untuk mengusir nyamuk lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan sitronela dalam serai yang tidak disukai nyamuk. Rupanyaair rebusan serai juga memiliki sejumlah manfaat lho. Akan tetapi, selain memiliki manfaat terdapat pula efek samping minum air rebusan serai.

Selain bermanfaat untuk mengobati gangguan pada saluran pencernaan, sakit perut, tekanan darah tinggi, kejang, nyeri, muntah, batuk, rematik, demam, flu dan kelahan bisa juga digunakan sebagai aromaterapi untuk nyeri otot lho. Serai juga sering kali digunakan sebagai campuran sabun dan bahan kosmetik. Lalu bagaimana dengan efek samping  minum air rebusan serai?

Memang secara umum serai atau sereh ini aman jika dugnakan dalam dosis normal, selain itu aman juga ketika diminum atau dipakai pada kulit dalam jangka pendek sebagai pengobatan. Akan tetapi, ada sejumlah efek samping serai yang beracun.

Salah satu kasusnya adalah keracunan paru-paru usai menghirup serai. Adapula keracunan fatal usai anak menelan pengusir serangga berbahan minyak serai.  Walau hanya sebebagian kecil, sebaiknya mewaspadai efek penggunaan serai secara berlebihan.

Berikut adalah efek samping minum air rebusan serai yang perlu diwaspadai:

Efek Bagi Kehamilan dan Ibu Menyusui

Bagi perempuan yang sedang hamil dan menyusui ada hal yang perlu diketahui sebelum meminum air rebusan daun serai. Mengkonsumsi serai dianggap tidak aman bagi ibu hamil dan yang sedang menyusui, serta tidak aman bagi yang sedang menjalani program peningkatan kesuburan. Hal ini disebabkan, serai memiliki efek memicu aliran menstruasi lebih lancar sehingga ada kekhawatiran bahwa serai dapat menyebabkan keguguran.

Menimbulkan Reaksi Alergi

Efek samping dari meminum rebusain air serai adalah munculnya reaksi alergi yang ada di dalam tubuh. Efek samping ini kerap kali muncul pada seseorang yang di dalam tubuhnya tidak mau menerima kandungan yang ada di dalam rebusan air serai.

Air rebusan serai bisa berdampak negatif ketika seseorang mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Jika seseorang mengkonsumsi mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih maka akan memcu alergi yang sangat parah dan bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Memicu Mual dan Muntah

Efek minum air resbusan serai secara berlebih bisa menimbulkan mual dan muntah.

Adapun efek selanjutnya adalah seseorang yang meminum air rebusan serai secara berlebih dapat memicu orang tersebut mengalami mual dan muntah. Tanda seseorang mual dan muntah bisa dikatakan sebagai reaksi ketika tubuh tidak stabil dalam menerima kandungan dari air rebusan serai.

Memicu Sakit Kepala

Selain mual dan muntah, efek samping meminum air rebusan serai secara berlebih juga disertai dengan rasa sakit kepala atau pusing. Kepala yang pusing ini menjadi salah satu reaksi tubuh ketika ada sesuatu yang mengganggu sistem dalam tubuh, dan meneybabkan tubuh tidak bekerja secara maksimal.

Akan tetapi, air rebusan serai juga memiliki sejumlah khasiat jika dikonsumsi sesuai dengan jumlahnya dan tidak berlebih. Manfaatnya pun tidak main-main lho. Khasiatnya antara lain dapat mencegah diabetes, menjadi zat anti kanker, dan  dapat menurunkan kadar kolesterol,

Hal ini disebabkan karena serai dapat mencegah naiknya kadar gula dalam darah sehingga dapat mengatasi diabetes. Selainn itu, air rebusan serai juga memiliki khasiat sebagai anti kanker, karena diyakini serai memiliki senyawa netral yang ampuh untuk membunuh sel kanker.

Itu adalah sejumlah efek samping meminum air rebusan serai jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, serta manfaat dari air rebusan serai jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here