Empat Sumber Alergi Makanan Pada Balita

0
52
Picolozone.com, Empat Sumber Alergi Makanan Pada Balita
Alergi makanan pada balita

Picolozine.com, Alergi makanan pada anak balita kerap menjadi masalah bagi para orang tua. Meski anak balita sering dipercaya memiliki insting dalam memakan makanannya dan mencegah tubuhnya memakan pemicu alergi, tetap saja ada alergi makanan terhadap balita.

Dilansir dari hasil riset Food Alergy Research and Education 1 dari 13 anak punya alergi yang dipicu oleh makanan. 40 persen di antaranya bahkan dapat mengalami alergi yang sangat parah.

Untuk menjaga kesehatan balita dari alergi makanan, berikut ini empat sumber alergi makanan pada balita pada umumnya.

  1. Susu sapi

Alergi susu sapi biasanya disebabkan oleh reaksi sistem imun dari tubuh balita atas banyaknya protein yang ada di dalam kandungan susu. Dalam kasus ini, protein yang biasanya akan memicu alergi pada anak bernama protein S1-casein.

Balita yang menderita alergi makanan atas susu sapi ini biasanya tidak akan langsung memperlihatkan gejala-gejala berat seperti rasa sakit di perut, feses berdarah, diare, atau sering muntah. Semua hal tersebut akan terlihat secara bertahap dan akan semakin parah jika tidak segera diobati.

  1. Kacang-kacangan

Anak balita dalam beberapa kasus terdeteksi mempunyai alergi terhadap kacang-kacangan. Pada kasus yang ekstrem, memegang atau mengalami kontak sekecil apapun dengan kacang dapat menimbulkan gejala alergi yang sangat parah.

Efek dari alergi kacang-kacangan yang ditimbulkan ini diantaranya adalah kulit yang terasa sangat gatal, bibir dan lidah bengkak, rasa mual, hingga diare.

  1. Gandum

Meski gandum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, makanan ini juga ternyata dapat memicu alergi pada balita. Penyebabnya ialah kekebalan tubuh balita yang menjadi tidak biasa saat terkena protein yang ada di dalam gandum.

Tubuh akan mengirim antibodi untuk menyerang protein tersebut sehingga berpotensi menimbulkan reaksi alergi. Gejala alergi gandum biasanya akan langsung terlihat begitu seseorang mengkonsumsi gandum, seperti kulit terasa sangat gatal, mual, iritasi pada mata, dan sulit untuk bernapas.

  1. Ikan dan kerang

Ikan dan kerang barangkali adalah salah satu yang paling diwaspadai sebagai makanan pemicu alergi pada anak balita.

Sama seperti gandum, alergi pada ikan dan kerang, atau makanan laut lainnya disebabkan oleh daya tahan tubuh yang bereaksi berlebihan saat protein yang terkandung di makanan laut masuk ke dalam tubuh. Gejalanya dapat terlihat dengan jelas, seperti kulit gatal, mual, batuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here