Fakta dan Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

0
66
Rokok elektrik
Rokok elektrik belakangan ini ramai digunakan.

picolozine.com, Beberapa waktu belakangan ini, rokok elektrik atau vape tengah banyak digunakan oleh banyak orang termasuk diantaranya perokok tembakau yang aktif. Ada sejumlah pendapat jika, penggunaan vape ini sebenarnya bertujuan untuk mengurangi penggunaan rokok trembakau yang efeknya jauh lebih berbahaya bago kesehatan. Adanya pendapat ini menjadikan orang-orang beranggapan penggunaan vape dianggap lebih aman dari pada rokok tembakau. Namun sebenarnya, apa sih vape itu?

Apa itu Rokok Elektrik/Vape?

Vape merupakan salah satu jenis dari penghantar nikotin elektronik. Rokok jenis ini dirancang guna membantu pecandu rokok tembakau untuk mulai berhenti merokok. Rokok elektrik ini memiliki tiga komponen utama yaitu baterai, elemen pemanas, dan tabung yang berisikan cairan (catridge).

Cairan yang terdapat dalam tabung mengandung nikotin, propolen glikol, serta penambah rasa seperti buah-buahan atau coklat. Selain itu beberapa vape memiliki baterai dan cartridge yang bisa diisi ulang.

Namun, benarkah vape memiliki bahaya yang lebih sedikit dari rokok tembakau ?

Meski dianggap bisa menjadi sarana untuk mengurangi penggunaan rokok tembakau, rupanya vape atau rokok elektrik ini memiliki sejumlah efek samping yang berbahaya bagi kesehatan lho. Berikut adalah sejumlah bahaya penggunaan vape bagi kesehatan:

Meningkatkan Risiko Darah Tinggi, Diabetes, dan Sakit Jantung

Cairan yang terkandung dalam vape mengandung zat nikotin. Dalam beberapa kondisi, jika nikotin ini digunakan dalam jangka panjang bisa menyebabkan naiknya tekanan darah serta denyut jantung. Selain itu, dapat juga meningkatkan risiko terkena resistensi insulin, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Meningkatkan Risiko Kanker

rokok elektrik
Rokok elektik memiliki sejumlah bahaya bagi kesehatan.

Ada yang perlu diperhatikan dalam memilik cairan untuk vape Anda. Ada sebagian merek cairan vape yang rupanya mengandung formaldehida yang bisa menyebabkan kanker. Selain itu, ada beberapa bahan dasar cairan lainnya seperti propelin glikol dan glisterol yang bisa berubah menjadi formaldehida jika dipanaskan.

Jika zat ini terus-menerus digunakan dan dihisap maka bisa meningkatkan risiko munculnya kanker, seperti kanker patu-paru.

Meningkatkan Risiko Kerusakan Pada Paru-Paru

Cairan yang memiliki aroma lezat pada vape berasal dari zat berbahaya yang bernama diasetil. Jika zat ini dihirup terus menerus atau sering bisa menyebabkan peradangan serta kerusakan pada paru-paru. Selain itu, zat ini juga berisiko mengakibatkan penyakit ‘paru-paru popcorn’ atau bronchiolitis obliterans.

Bronchiolitis Obliterans ini merupakan salah satu penyakit paru-paru yang dianggap langka, karena merusak saluran napas terkecil dalam paru-paru secara permanen.

Menurunkan Daya Ingat Bagi Anak-Anak

Ada sejumlah penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan nikotin pada vape atau rokok elektrik ini bisa membuat anak remaja menjadi lebih aktif. Akan tetapi, jika digunakan dalam jangka panjan, kadnungan nikotin ini bisa mengganggu daya ingat dan konsentrasi mereka dan yang paling parah jika pengguna rokok elektik juga menggunakan rokok tembakau dan mengonsumsi alkohol.

Menyebabkan Kecanduan dan Iritasi Mata Bagi yang Terkena Asapnya

Efek samping dari penggunaan rokok elektrik salah satunya adalah efek kecanduan. Ketika seseorang berhenti menggunakan rokok elektrik bisa membuat penggunannya mengalami stres, tempramental, gelisah, bahkan sulit tidur.

Selain itu, bahaya yang perlu diwaspadai adalah alat vape mudah terbakar atau meledak bila baterainya terlalu panas. Hal ini cukup membahayakan karena bisa membuat seseorang tewas atau mengalami cacat permanen.

Akan tetapi, Jika dibandingkan dengan rokok tembakau, asap rokok elektrik memang dianggap lebih aman bagi perokok pasif. Hal ini karena kadar zat beracun dan bahan iritan di dalam asap vape ini lebih rendah. Meski demikian, asal rokok elektrik ini juga bisa menyebabkan iritasi mata, batuk, pilek, sesak napas, hingga pusing bila dihirup oleh orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here