Hal Tentang Kanker Darah Ini Penting Untuk Diketahui

0
34
mengenai kanker darah
tentang kanker darah

picolozine.com, Kanker darah yang juga dikenal dengan leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Sel darah putih adalah sel darah yang mempunyai fungsi melindungi tubuh terhadap benda asing dan penyakit. Sel darah putih dihasilkan oleh sumsum tulang belakang manusia.

Normalnya, sel-sel darah putih yang terdapat pada tubuh manusia akan berkembang secara teratur. Sel darah putih berkembang pada saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.

Akan tetapi itu tidak berlalu bagi pasien kanker darah. Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih secara tidak normal. Sel darah putih yang diproduksi secara berlebihan dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan pada sumsum tulang belakang. Inilah yang menyebabkan sel-sel darah yang sehat akan berkurang.Selain terjadi penumpukan, sel abnormal juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal dan otak.

Saat seseorang mempunyai penyakit biasanya menunjukkan gejala tertentu. Tapi mungkin saja pengidap penyakit ini tidak menunjukkan gejala. Namun, Sejumlah pasien menunjukkan gejala tertentu. Sebaiknya gejala itu diperiksa lebih lanjut, ujar Colin Phipps Diong, konsultan hematologi Parkway Cancer Centre Singapura.

Pada umumnya, seseorang pengidap penyakit ini menunjukkan beberapa gejala awal. Gejala seperti:

  • Demam dengan jangka waktu yang lama.
  • Mengeluarkan keringat dingin pada malam hari.
  • Tidak nafsu makan.
  • Penurunan drastis berat badan, yang tidak direncanakan.
  • Pada sebagian ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening.

kunci keberhasilan pengobatannya adalah pada diagnosis yang tepat. Ketepatan diagnosis dapat menentukan keberhasilan pengobatan. Juga meningkatkan potensi keberhasilan penyembuhan.

Lim ZiYi seorang Ahli kanker darah di Singapura, menjelaskan diagnosis penting karena kanker darah memiliki ratusan tipe. Setiap tipe kanker darah memiliki jenis pengobatan sesuai dengan jenis kankernya. Salah dalam melakukan diagnosis dapat berakibat fatal dan malah memperburuk keadaan pasien.

Secara umum, ada tiga jenis kanker darah, di antaranya:

  1. Leukemia yang berhubungan dengan sel darah putih.
  2. Limfoma berhubungan dengan kelenjar getah bening.
  3. Myeloma yang berhubungan dengan sel plasma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here