Hindari Asam Lambung Naik Saat Berpuasa dengan 5 Tips Ini

0
14
Tips untuk menghindari agar asam lambung tidak naik saat berpuasa
Tips untuk menghindari agar asam lambung tidak naik saat berpuasa

Picolozine.com, Asam lambung naik saat sedang menjalani ibadah puasa adalah hal yang tidak menyenangkan. Ibadah terganggu, aktivitas seharian juga kena imbasnya. Sehingga kamu perlu menjaga kesehatan agar penyakit yang ada tidak kambuh.

Berikut cara untuk menjaga dan mengatasi ketika asam lambung kamu naik saat  menjalani puasa ramadan.

Konsumsi makanan yang aman dimakan saat sahur dan berbuka

Memilih jenis makanan yang aman dikonsumsi agar asam lambung tidak naik saat berpuasa
Menjaga porsi makanan agar asam lambung tidak naik saat berpuasa

Jika kamu mengkonsumsi makanan yang tidak tepat saat sahur dan berbuka puasa, penyakit lambung yang ada akan dengan mudah kambuh. Hindari makanan yang menjadi sumber pencetus naiknya asam ambung seperti makanan yang terlalu asam, makanan pedas, makanan berlemak, minuman berkarbonasi, kopi, dan coklat.

Usahakan untuk mengkonsumsi sayuran hijau, selain lauk, saat sahur. Kamu bisa makan sayur brokoli, seledri, kacang hijau, kol, atau pun bayam untuk menjaga kesehatan lambung. Sayuran-sayuran yang disebutkan mengandung rendah asam dan mampu meredakan kondisi refluks di perut.

Sementara, untuk buka puasa, kamu bisa meminum jahe hangat. Jahe hangat ini memiliki khasiat baik buat kamu penderita penyakit lambung terutama saat berpuasa. Jahe juga memiiki sifat antiradang yang diketahui baik mengatasi masalah pencernaan dan masalah lambung.

Jahe tidak hanya diseduh menjadi minuman, tetapi juga bisa dijadikan bumbu untuk masakan yang disantap saat buka. Hindari berbuka dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti kolak dan gorengan. Tidak dianjurkan juga untuk berbuka dengan buah-buahan yang mengandung asam. Agar aman dari penyakit lambung, pilihlah seperti kurma, pisang, melon, buah pir, apel, atau semangka untuk berbuka.

Teratur mengkonsumsi obat

Minum obat yang tidak teratur juga bisa membuat asam lambung naik. Kondisi di bulan ramadan yang hanya boleh makan saat berbuka dan sahur, usahakan tidak menunda makan jika sudah masuk waktunya.

Berbuka dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk lambung dengan tidak makan makanan berlemak juga tidak meminum minuman bersoda. Jika sudah merasakan gejala yang tidak nyaman, segera minum obat agar tidak berlanjut.

Kunyah makanan dengan benar

Perilaku yang kurang tepat saat makan juga bisa membuat asam lambung naik saat berpuasa. Makan dengan cepat dan tergesa-gesa sehingga makanan tidak dikunyah dengan baik bisa membuat lambung tidak sehat.

Makanan yang dikunyah hingga lembut akan membantu kerja enzim pencernaan mengolah makanan sehingga tidak memperburuk gejala GERD yang kamu alami.

Porsi makan saat sahur dan buka puasa

Porsi makan yang kamu konsumsi baik saat berbuka atau sahur akan mempengaruhi kesehatan lambung kamu. Tidak dianjurkan juga untuk langsung memakan makanan dalam porsi banyak, apalagi mengandung minyak yang banyak, manis, dan memicu refluks di lambung naik.

Sehingga ada baiknya untuk merubah porsi makan. Makan sedikit demi sedikit, bisa juga diawali dengan minum jahe hangat seperti yang dianjurkan di awal. Baru setelahnya, kamu bisa melanjutkan dengan makanan lain dengan porsi yang bertambah secara perlahan-lahan.

Hindari minum air terlalu banyak saat makan

Tidak mengkonsumsi air yang banyak saat berbuka atau sahur agar asam lambung tidak naik
Tidak mengkonsumsi air yang banyak saat berbuka atau sahur agar asam lambung tidak naik

Perut akan kembung bila minum air terlalu banyak saat makan sahur atay saat berbuka. Kondisi ini membuat makanan yang kamu konsumsi jadi susah dan sulit dicerna. Minum secukupnya saja. Namun jika masih haus, minum air sesaat setelah kamu makan ketika berbuka ataupun sahur.

Sangat tidak baik untuk langsung tidur setelah makan sahur agar tidak memicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here