Ingin Budidaya Madu Klenceng Sendiri? Berikut Caranya

0
79
Budidaya madu klenceng sendiri
Budidaya madu klenceng

Picolozine.com, Budidaya madu tentu saja menjadi usaha yang menjanjikan. Selain dipercaya sehat untuk dikonsumsi secara turun temurun, cairan gula alami ini juga bisa dijadikan untuk merawat kulit wajah.

Ada beberapa jenis lebah yang bisa menghasilkan madu secara alami. Namun lebah Klenceng pasti tidak begitu familiar. Meskipun ukurannya kecil dari lebah jenis lain, tapi lebah ini ternyata juga cukup produktif menghasilkan cairan lebah, lho.

Budidaya madu klenceng
Budidaya madu klenceng sendiri

Budidaya lebah Klenceng ternyata bisa kamu lakukan sendiri, lho. Berikut caranya:

Tentukan lokasi yang cocok

Lokasi memegang peran penting ketika memutuskan untuk budidaya lebah karena lokasi yang sesuai dengan habitatnya akan membuat lebah Klenceng lebih mudah beradaptasi dan lebih produtif.

Lebah Klenceng biasa hidup di lokasi yang memiliki suhu daerah di bawah 32 derajat celcius atau pada rentang 18-24 derajat celcius. Tingkat kelembapannya juga harus diperhatikan pada 60-80 persen. Perlu diketahui bahwa karakteristik lebah ini tidak menyengat dan hidup berkoloni, hidup di batang-batang pohon, ruas bambu serta dalam tanah.

Membuat sarang lebah Klenceng

Saran lebah tentu sangat penting untuk dibuat sebab akan berfungsi untuk memudahkan kamu ketika memanennya.

Buatlah sarang lebah Klenceng dengan menggunakan bahan-bahan alami yang biasa dipakai di alam bebas. Siapkan batok kelapa, tembukar, kayu kering, dan juga batang bambu. Sarang dibuat tertutup dengan lubang sebesar 1 cm yang berfungsi sebagai jalan keluar dan masuknya lebah.

Buatlah koloni dari sarang buatan

Tempatkan sang ratu lebah dan beberapa prajuritnya untuk menarik lebah agar mau menempati sarang yang sudah kamu buat. Cara ini lazim digunakan untuk menarik perhatian lebah bergabung. Kamu juga harus memperbanyak koloninya agar lebah madu yang dihasilkan juga semakin banyak.

Caranya adalah dengan menempatkan sarang pada lubang koloni lebah Klenceng lalu beri lubang pada sisi lainnya agar lebah bisa keluar masuk kandang. Cara ini akan merangsang mereka untuk membuat koloni pada kandang dan memindahkan sarang pada kandang baru. Sehingga koloni lebah Klenceng pun semakin banyak.

Perawatan dan Pemeliharaan

Tahukah kamu kalau merawat dan memelihara lebah Klenceng ttidaklah terlalu sulit dan lebih sederhana. Kamu cukup menanam tanaman yang menghasilkan banyak bunga. Bunga merupakan sumber makanan lebah. Semakin banyak bunga tentu cairan lebah yang dihasilkan juga semakin banyak.

Memanen lebah Klenceng

Kamu sudah bisa memanen madu ketika sudah terdapat bulir-bulir madu dalam sarangnya. Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan madu ini biasanya 3-4 bulan. Tapi ingat, ini akan bergantung pada koloni lebah yang kamu miliki. Semakin banyak koloninya semakin banyak pula madu yang bisa dihasilkan.

Kamu juga perlu untuk membentuk koloi baru terus menerus ya. Tujuannya agar kamu bisa melakukan panen secara kontinyu pula.

Ketika memanen, ada cara khusus dan tidak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang harus kamu perhatikan. Pilih sarang yang terlihat sudah besar. Sebelumnya pastikan kamu sudah menggunakan pengaman berupa penutup wajah dan tubuh kamu meskipun lebah Klenceng tidak menyengat.

Sisir dengan hati-hati sarang lebah yang berisi cairan dan tempatkan pada wadah besar. Jangan lupa untuk menyaring madu dengan kain kasa agar kotorannya terpisah. Masukkan cairan lebah bersih pada botol bersih sesuai takarannya jika ingin di jual.

Cairan madu Klenceng ternyata lebih bagus dibanding cairan lebah lainnya dan harganya juga lebih mahal. Tentu ini menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Gimana, tertarik untuk mencoba budidaya lebah Klenceng?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here