Inilah 6 Gejala Asam Lambung yang Sering Dialami

0
4
asam lambung
6 gejala asam lambung

Picolozine.com, Penyakit asam lambung sering terjadi ketika zat asam pada saluran pencernaan naik ke kerongkongan. Saluran pencernaan memiliki pintu masuk yang disebut katup. Dalam keadaan normal katup ini semestinya kembali tertutup rapat setelah dilewati makanan. Namun, begitu ada masalah, kinerja katup terganggu tidak tertutup sempurna atau terkadang terbuka.

Saat itulah ketika katup di saluran pencernaan tidak tertutup sempurna, asam yang diproduksi di perut naik ke kerongkongan. Jika hal itu terjadi lebih dari dua kali seminggu, kemungkinan penderita mengidap gastroesophageal reflux disease (GERD).

Selain kelainan pada lambung, penyebab asam lambung juga terjadi akibat makan terlalu banyak dan langsung berbaring, makan dekat dengan wkatu tidur, mengonsumsi makanan atau minuman tertentu seperti jeruk, tomat, cokelat, mint, pedas, minum teh, kopi, soda, alkohol, dll. Serta efek samping obat-obatan.

Saat merasaka kondisi tersebut, biasanya akan mengalami beberapa gejala. Gejala yang dirasakan tiap-tiap orang kadang berbeda, tergantung organ yang ikut terpengaruh. Gejalanya mulai dari ringan sampai berat.

Berikut beberapa gejala terkena penyakit asam lambung:

1. Mulut Terasa Asam

Kondisi ini sering dialami para penderita penyakit maag. Jika naiknya asam dari perut singgah ke belakang tenggorokan sampai mulut, maka akan merasakan asam atau pahit. Beberapa penderita juga merasakan sensasi mirip terbakar di tenggorokan dan mulut.

2. Sakit Tenggorokan

Gejala lainnya adalah sakit tenggorokan akaibat naiknya zat asam ke kerongkongan yang menyebabkaniritasi tenggorokan. Penderitanya dapat mengalami radang tenggorokan, suara serak, sampai timbul sensasi benjolan di tenggorokan.

3. Batuk Kering

Gejala lainnya lagi adalah timbulnya batuk kering akibat tenggorokan teriritasi asam. Hal ini seringkali dialami anak-anak dan orang dewasa. Batuk berulang tersebut merupakan reaksi alami tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari zat asing, termasuk zat asam dari perut.

4. Dispepsia

Dispepsia adalah masalah pencernaan yang menyebabkan rasa tidak nyaman di bagian tengah atau atas perut. Penderita yang mengalami dispepsia akan merasakan mual, mulas, sakit perut, kembung, begah, sering bersendawa, dan muntah.

5. Regurgitasi

Regurgitasi merupakan kondisi adalah perasaan seperti adanya cairan atau makanan yang bergerak ke atas kerongkongan. Beberapa penderita bahkan mengalami kondisi ini sampai muntah.

6. Heartburn

Heartburn gejala paling kerap dirasakan penderita. Jika klep saluran pencernaan tidak berfungsi secara optimal kemudian zat asam dari lambung naik ke kerongkongan maka menimbulkan heartburn ysng merupakan sensasi panas mirip terbakar yang tidak nyaman di dada. Tingkat keparahan heartburn yang dirasakan penderita asam lambung bisa ringan sampai menyakitkan.

Itulah gejala yang dialami saat asam lambung. Namun jika mendapati gejala tersebut semakin parah bahkan menimbulkan sesak nafas, nyeri yang tidak tertahan, bahakan mual muntah berlebihan, segeralah pergi ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan dan obat yang tepat untuk mengurangi gejala yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here