Inilah Manfaat Tamanu Oil untuk Perawatan Wajah

0
11
Tamanu Oil
Inilah Manfaat Tamanu Oil untuk Perawatan Wajah

picolozine.com, Sedang diatas popularitas, manfaat tamanu oil atau minyak tamanu ini juga sebagai salah satu perawatan wajah. Minyak tamanu adalah minyak yang diolah dari tumbuhan tamanu atau nyamplung, yang memiliki nama latin Calophyllum inophyllum. Jenis minyak ini ternyata sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional di berbagai wilayah di dunia, mulai dari Asia hingga Kepulauan Pasifik.

Minyak tamanu dipercaya mampu mencegah pertumbuhan tumor hingga melawan infeksi pada vagina. Selain itu untuk kesehatan tubuh lainnya khasiat dari minyak yang satu ini tak kalah melimpah. Namun digunakan untuk perawatan wajah, apa sajakah manfaatnya?

Berikut manfaat tamanu oil untuk perawatan wajah:

1. Melembabkan Kulit

Beberapa jenis minyak diklaim mampu mengatasi kulit kering. Minyak tamanu ini salah satu yang dipercaya dapat membantu melembabkan wajah karena mengandung lemak yang tinggi.

2. Mengatasi Jerawat

Bakteri yang menumpuk di wajah membuat kotoran beserta minyak dalam wajah menjadi meradang dan timnbul jerawat. Untuk mengatasinya, kamu juga bisa menggunakan minya tamanu yang sedang populer ini. Sifat antibakteri pada minyak tamanu dapat menangani jerawat yang meradang serta melawan aktivitas bakteri penyebab jerawat.

3. Memudarkan Bekas Jerawat

Manfaat tamanu oil dipercaya bisa membantu regenerasi kulit serta memulihkan bekas luka. Minyak ini juga bisa merangsang pembentukan sel baru serta produksi komponen pada kulit, termasuk kolagen dan glycosaminoglycan (GAG) sehingga memudarkan bekas jerawat. Antioksidan dalam minyak tamanu ini diyakini berperan dalam penanganan bekas jerawat serta jerawat itu sendiri.

4. Memudarkan Kerutan

Radikal bebas menjadi salah satu faktor timbulnya kerutan pada wajah. Minyak tamanu berasal dari kandungan asam lemak pada minyak alami yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab timbulnya kerutan pada kulit wajah. Selain itu mampu merangsang pembentukan kolagen sehingga memperlambat tanda-tanda penuaan pada wajah.

5. Mengatasi Luka Bakar akibat Sinar Matahari

Meskipun belum ada pengujian secara mendetail dari manfaat tamanu oil ini, namun minyak ini dipercaya untuk mengatasi luka bakar akibat sinar matahari.

Itulah beberapa hal kecil manfaat dari minyak tamanu bagi perawatan wajah. Kaya akan kandungan anti bakteri dan sebagainya membuat minyak ini diyakini memiliki banyak khasiat bagi seluruh tubuh. Selain yang sudah dijelaskan di atas, minyak tamanu ini juga mampu meredakan eksim, mengobati bekas luka serta menyamarkan stretch marks pada tubuhmu.

Meski bermanfaat, dalam menggunakannya ada baiknya tidak berlebih. Jika kamu juga takut akan menimbulkan efek samping alergi dan semacamnya, gunakana terlebih dahulu pada bagian lengan lalu lihat reaksinya. Apabila menimbulkan reaksi alergi, iritasi dan kemarahan maka jangan dilanjutkan untuk menggunakan tamanu oil ini. dalam mengobati luka, sebaiknya tidak diberikan pada luka yang terbuka besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here