Jangan Panik saat Mengalami Efek Samping Vaksin Covid-19

0
8
Vaksin Covid-19
Jangan Panik saat Mengalami Efek Samping Vaksin Covid-19

picolozine.com, Hadirnya vaksin Covid-19 di Indonesia menjadi angin segar bagi masyarakat. Pemerintah sudah mulai melakukan vaksinasi sejak Januari 2021 kepada tenaga kesehatan, pelayanan publik, lansia dan wartawan. Pemberian vaksinasi sejatinya tentu menimbulkan beberapa gejala akibat dari efek samping yang timbul.

Efek samping vaksin sendiri merupakan respon yang diberikan oleh tubuh ketika vaksin tersebut sedang bekerja membentuk kekebalan imun terhadap virus. Umumnya gejala yang timbul pasca vaksinasi berbeda-beda pada setiap orang, bahkan ada pula orang yang tidak merasakan efek samping apapun. Namun jika mengalami efek samping ringan setelah mendapatkan vaksinasi covid-19, tidak perlu khawatir.  Gejala ringan yang umum timbul pasca vaksinasi biasanya merupakan rasa kelelahan atau lemas, sakit kepala, sampai dengan demam ringan.

Jika setelah mendapatkan vaksinasi kamu merasakan gejala berikut, jangan panic ya. Kalian bisa melakukan beberapa langkah mudah ini. Minumlah banyak air putih dan gunakan pakaian longgar jika kamu merasakan gejala demam ringan pasca vaksinasi. Pastikan kamu memiliki istirahat yang cukup pasca vaksinasi. Tenaga medis biasanya akan mengimbau kalian untuk mengurangi aktivitas padat setelah melakukan vaksinasi.

Ada pula gejala sakit kepala pada beberapa orang seusai menerima vaksin. Tenaga medis sebenarnya tidak menyarankan mengonsumsi obat bagi orang setelah divaksin. Namun jika menimbulkan gejala seperti sakit kepala maka disarankan untuk minum obat pereda nyeri saja untuk meredakan sakit yang dirasakan.

Saat merasakan gejala ringan tersebut sebaiknya kalian tidak terlalu bersikap panik. Sebab efek samping pasca vaksinasi memang ada. Efek samping tersebut seharusnya tidak bertahan lebih dari 48 jam dan mereda dengan seiring waktu. Namun jika efek samping terus menerus dirasakan selama berhari-hari setelah vaksinasi, segeralah hubungi dokter.

Kalian juga bisa melakukan beberapa cara untuk meminimalisir efek samping. Cara tersebut bisa kamu lakukan dan persiapkan sebelum melakukan vaksinasi covid-19. Seperti makan dengan teratur, istirahat atau tidur dengan cukup, dan menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi.

Pemerintah Indonesia masih terus mengupayakan untuk bisa memberikan vaksin Covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik lagi dalam melawan virus Corona yang kini menjadi pandemi. Meski telah menerima vaksinasi, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti yang diimbau oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here