Jangan Tertipu Produk Makeup Murah, Berikut Tips Memilihnya

0
75
Beberapa tips memilih produk makeup yang asli
Tips memilih produk makeup yang asli

Picolozine.com, Makeup menjadi sesuatu yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari wanita saat ini. Menggunakan kosmetik membuat setiap wanita merasa lebih percaya diri untuk melakukan aktivitas hariannya.

Dan ternyata dari survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menyebutkan produk kosmetik adalah produk terbanyak kedua yang dibeli secara online setelah pakaian.

Kegandrungan akan produk makeup membuat tangan-tangan nakal mengambil kesempatan untuk meraup keuntungan dari menjual kosmetik palsu. Tentu produk ilegal ini bisa membahayakan para wanita yang tidak jeli membedakan mana yang asli dan palsu ketika membeli.

Lalu bagaimana cara memilih produk kecantikan yang aman dan asli? Berikut tipsnya.

Cek KLIK

Cek KLIK merupakan hal yang paling penting sebelum membeli suatu produk kosmetik. Maksud dari cek KLIK adalah cek kemasanya, cek labelnya, cek izin edar, dan cek tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kosmetik.

Penting untuk memastikan kemasan makeup tidak rusak
Cek kemasan produk makeup sebelum membelinya

Penting untuk memeriksa kemasannya. Pastikan setiap sisinya tidak ada cacat dan tidak ada perbedaan dengan kosmetik asli.

Pastikan juga produk tersebut memiliki Nomor Izin Edar (NIE). Kosmetik yang asli memiliki izin edar dari BPOM dan punya nomor edar tersebut. Ketika sebuah produk memiliki nomor edar, maka dipastikan produk tersebut dibuaat dri bahan yang aman dan sudah teruji sebelumnya.

Namanya juga tangan nakal, mereka akan melakukan berbagai cara hingga produk palsu milik mereka terlihat seperti produk asli. Meskipun sudah tertera nomor edar, kamu harus tetap melakukan pengecekan apakah nomor tersebut terdaftar pada web resmi BPOM. Jika tidak memiliki nomor edar atau nomor tersebut tidak terdaftar, sudah dipastikan produk tersebut palsu.

Cek juga tanggal kadaluwarsa yang tertera pada label produk. Tidak semua produk kosmetik yang beredar adalah produk baru. Menggunakan kosmetik yang sudah kadaluwarsa tentu menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi wajah kamu.

Jangan tergiur harga murah

Kosmetik memang memiliki harga yang cukup mahal yang sering dikeluhkan wanita. Banyak orang yang tergiur melihat produk yang sama tapi dijual dengan harga yang sangat mmurah bahkan cenderung tidak masuk akal.

Kamu perlu hati-hati ya. Sebab sudah banyak kasus yang terjadi beberapa produk kosmetik murah ternyata palsu juga ilegal yang sudah pasti tidak aman.

Jangan mudah tertipu dan pastikan produk tersebut benar-benar aman ya. Lebih pilih mana murah tapi gak sehat atau sedikit mahal tapi aman?

Beli di toko resmi

Jika ragu tidak bisa menentukan produk makeup itu asli atau bukan, agar lebih meyakinkan lagi, kamu bisa beli di toko resmi atau yang terpercaya.

Pastikan membeli produk makeup di toko resmi
Belilah produk makeup di toko terpercaya

Tentu saja demi kemudahan, banyak orang yang membeli di toko online. Pastikan jika olshop tersebut terpercaya menjual barang-barang asli ya.

Jika membeli di toko konvensional, kamu juga tetap harus memperhatikan detail seperti aroma, tekstur, warna kemasan secara detail. Serta bandingkan dengan produk asli yang kamu miliki. Jika menemukan kejanggalan atau berbeda dengan produk aslinya, kamu harus waspada. Bisa jadi produk tersebut adalah produk palsu atau ilegal.

Lihat reaksi setelah pemakaian

Cobalah produk makeup sebelum membelinya dengan mengusap sedikit produk ke bagian punggung tangan untuk melihat tekstur dan warna untuk memastikan produk tersebut punya warna sesuai dengan keinginan kamu atau tidak. Cara ini bisa digunakan untuk melihat apakah kosmetik tersebut menyebabkan iritasi atau bahkan alergi di kulit kamu. Produk palsu bisa menimbulkan berbagai gejala seperti merah, gatal dan bengkak, hingga sakit kepala. Gejala ini akan terlihat jelas setelah beberapa kali pemakaian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here