Jenis dan Syarat Wakaf yang Perlu Kamu Tahu

0
35
Wakaf
Jenis dan syarat wakaf

Picolozine.com, Masih banyak yang salah kaprah mengenai wakaf, padahal amalan ini tidak sebatas hanya tanah makam atau bangunan masjid saja, masih ada banyak lagi jenisnya.

Jenis-jenis wakaf

Untuk mengetahui jenisnya, wakaf dikelompokkan dalam empat macam berdasarkan kategori masing-masing, yaitu berdasarkan jenis hartanya, berdasarkan peruntukannya, berdasarkan waktu, dan berdasarkan penggunaan harta yang diwakafkan. Keempat jenis ini akan dibahas lebih rinci berikut ini:

1. Berdasarkan jenis hartanya

Pada kelompok ini akan dibagi lagi dalam tiga kelompok, yaitu benda tidak bergerak, benda bergerak berupa uang, dan benda bergerak selain uang.

Contoh dari benda tidak bergerak ini adalah hak tanah, bangunan, rumah susun, bagian rumah, tanaman, benda yang ada hubungannya dengan tanah, serta benda yang tidak bergerak lainnya.

Benda bergerak berupa uang ini berupa wakaf tunai. Sedangkan benda bergerak yang bukan uang adalah berupa air, bahan bakar minyak, bernda bergerak yang sifatnya dapat diwakafkan, benda yang bisa berpindah, benda yang dapat dihabiskan maupun tidak, surat berharga, hak atas kekayaan intelektual, hak atas benda bergerak lainnya.

2. Bedasarkan peruntukan

Berdasarkan pada peruntukannya, wakaf ini dibedakan menjadi dua yaitu waqf ahli dan khairi.

Ahli ini maksudnya adalah bertujuan untuk kepentingan dan jaminan sosial bagi keluarga dan kerabat sendiri. Sedangkan Khairi yaitu harta benda sumbangan yang tujuannya diperuntukkan bagi kepentingan agama dan juga masyarakat luas.

3. Berdasarkan waktu

Ada dua macam dalam kategori berdasarkan waktu ini yaitu, muabbad dan mu’aqqot. Muabbad merupakan harta benda yang diberikan untuk selamanya. Sementara mu’aqqot merupakan harta benda yang diberikan dalam jangka waktu tertentu saja.

4. Berdasarkan penggunaan harta yang diwakafkan

Pada kategori ini, wakaf dibagi dalam dua macam yaitu ubasyir/dzati dan mistitsmary.

Ubasyir/dzati merupakan harta yang berikan dan bermanfaat bagi pelayanan masyarakat dan langsung bisa digunakan seperti misalnya sekolah dan juga bangunan rumah sakit.

Sementara, Mistitsmary merupakan harta benda yang ditujukan untuk penanaman modal dalam produksi barang atau dalam investasi, kemudian hasilnya diwakafkan sesuai dengan keinginan si pemilik harta.

Syarat-syarat Waqf

Wakaf
Jenis-jenis dan syarat wakaf

Tentu kamu tidak cukup hanya dengan mengetahui jenis-jenisnya saja, tetapi harus tahu mengenai syarat yang harus kamu penuhi untuk bisa menjadi pewakaf.

1. Syarat Mauquf

Harta benda yang akan kamu wakafkan harus memenuhi beberapa syarat berikut ini, yaitu:

  • Benda tersebut harus bernilai
  • Benda tersebut memiliki wakif
  • Benda yang akan diberikan tersebut bergerak atau bisa untuk diwakafkan
  • Benda itu harus diketahui ketika sudah diberikan

2. Syarat Wakif

Tidak hanya harta bendanya saja yang ada syaratnya, tetapi sang wakif sendiri juga harus memenuhi syarat terlebih dahulu. Berikut kriteri sebagai wakif:

  • Wakil adalah orang yang berakal sehat
  • Merdeka
  • Sudah dewasa
  • Wakif tersebut tidak sedang di bawah pengampunan

3. Syarat Mauqud ‘Alaih

Mauquf ‘Alaih adalah orang yang menerima, ada yang tertentu (mu’ayyan) dan tidak tertentu (gahira mu’ayyan). Penerima tertentu (mu’ayyan) adalah seseorang atau sekumpulan orang tertentu saja yang akan menerima harta benda yang disumbangkan.

Sedangkan penerima tida tertentu (sahira mu’ayyan)yaitu harta yang diberikan tidak terperinci untuk siapa, apakah untuk fakir, miskin, tempat ibadah, dan lain sebagainya.

4. Syarat Shighat

Sedangkan syarat terakhir adalah berkaitan dengan shihat atau isi ucapan. Berikut syarat yang harus kamu ikuti:

  • Ucapan yang bersifat pasti
  • Ucapan mengandung arti selamanya atau kekal, bukan mengandung batas waktu.
  • Tidak mengandungsyarat yang dapat membatalkan
  • Ucapan saat memberikan wakaf adalah tanpa syarat, bisa direalisasikan sesegera mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here