Kenali Dampak Penyakit Rubella yang Berbahaya Bagi Anak

0
86
bahaya rubella bagi anak
rubella

picolozine.com,  Pemerintah Indonesia telah melakukan sosialisasi imunisasi rubella dan campak untuk anak – anak dan remaja. Rubella atau campak jerman adalah inveksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit yang umumnya menyerang anak – anak dan remaja. Menurut data WHO, pada tahun 2016 di Indonesia terdapat lebih dari 800 kasus rubella yang sudah terkonfirmasi melalui pemeriksaan laboratorium.

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dapat menyebar dengan mudah. Penularan utama terjadi melalui butiran liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin. Berbagi makanan dan minuman satu wadah yang sama dengan penderita, lalu kontak fisik.

Penyakit ini juga sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil. Hal itu dikarenakan wanita yang hamil sangat rentan terkena virus rubella. Selain itu pula, penyakit yang di derita tidak hanya berdampak pada ibu nya melainkan akan tertular kepada anaknya. Maka kemungkinan anak akan lahir dengan kondisi cacat. Oleh karena itu, ibu hamil yang terkena harus segera memeriksakan ke dokter.

Penderita anak – anak umumnya mengalami gejala yang lebih ringan dibanding penderita dewasa. Namun ada pula penderita yang tidak mengalami gejala – gejala apa pun. Penyakit ini umumnya memiliki waktu 14 – 21 hari untuk menimbulkan gejala, seperti berikut :

  1. Demam
  2. Sakit kepala
  3. Hidung tersumbat atau pilek
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Mata merah
  6. Pembengkakan kelenjar limfa pada leher atau telinga
  7. Timbulnya ruam atau bintik kemerahan pada wajah dan badan
  8. Nyeri pada sendi

Dalam fase penyembuhannya memang tidak membutuhkan perawatan khusus karena akan mereda dalam waktu beberapa hari dengan beristirahat yang cukup, mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk menghilangkan nyeri dan demam, lalu banyak mengkonsusmi air putih.

Akan tetapi hal berbeda akan terjadi jika ibu hamil yang terjangkit penyakit rubella. Selain pada dirinya maka anak yang dikandung akan berpotensi menyebabkan sindrom rubella kogenital bahkan kematian janin dalam kandungan.

Maka lakukan langkah pencegahannya melalui menjaga kebersihan diri, menhindari penderita, menempatkan penderita pada tempat khusus dan melakukan vaksin MMR adalah yang terpenting. Vaksin MMR diberikan kepada anak – anak dan untuk ibu hamil juga penting untuk menghindari bahaya virus rubella.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here