Keperluan yang Harus Dipersiapkan Menjelang Idul Fitri

0
67
Persiapan menjelang Idul Fitri, kamu perlu persiapan beberapa hal
Persiapan menjelang Idul Fitri, kamu perlu persiapan beberapa hal

picolozine.com, Apa yang ada di pikiran kamu menjelang Idul Fitri? Baju baru, THR, mudik, atau kue lebaran? Satu yang pasti adalah, hari raya adalah hari besar bagi umat Islam dimana semuanya bersuka cita.

Ada beberapa pengeluaran yang harus dipersiapkan menjelang lebaran. Mulai dari keperluan hidup sebelum perayaan, di hari lebaran hingga setelah lebaran. Meskipun banyak pengeluarandari bulan biasanya, tetapi seringnya tidak terasa karena banyaknya rasa syukur dan tertutupi oleh kegembiraan.

Agar tidak boros dan membeli sesuatu yang tidak perlu, kamu harus menulis barang-barang yang harus dipersiapkan dalam bentuk list. Tentu setelah hari kemenangan tersebut kamu tidak mau saldo tabungan menjadi 0 kan? Berikut keperluan yang harus dipersiapkan menjelang Idul Fitri.

  • Zakat
Bayar zakat menjelang idul fitri
Bayar zakat menjelang idul fitri

Zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam yang harus dibayar. Zakat ada banyak jenisnya, ada zakat amal, zakat profesi, dan zakat fitrah yang merupakan kewajiban. Ada baiknya untuk mengeluarkan zakat bahkan sebelum lebaran tiba dengan menghitung besarnya zakat yang harus dikeluarkan setidaknya seminggu sebelum lebaran. Tetap, semua pengeluaran harus dicatat dengan baik agar tidak ada yang terlupa.

Tips menghitung besaran zakat agar akuratdengan menggunakan kalkulator zakat yang bisa diakes secara online. Mengenai zakat yang dibayar, kapan, dan cara pembayarannya, pilihlah yang paling mudah dan tidak merepotkan. Sebab, paling penting adalah mempersiapkan pos dana zakat dengan baik.

  • Pakaian baru

Membeli baju baru saat lebaran memang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Sehingga wajar menjelang lebaran banyak pusat perbelanjaan memberikan diskon dan promo besar. tawaran-tawaran dari toko pakaian memang sangat menggiurkan. Kamu harus bisa menahan hawa nafsu agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak hanya untuk membeli pakaian.

Sebelum membeli, alokasikan dengan jelas berapa bujet untuk baju baru kamu dan keluarga. Gunakan dengan maksimal promo yang ditawarkan untuk menekan biaya pembelian baju baru. Hindari gelap mata dan tergiur dengan diskon dan membeli baju yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

  • Mudik

Kegiatan yang rutin dan khas dilakukan menjelang lebaran adalah balik ke kampung halaman bertemu keluarga besar dan sanak saudara. Ketika mudik, finansial harus harus dipertimbangkan dengan baik agar tidak habis begituu saja. Biasanya mudik akan membuat pos pengeluaran meningkat tajam terlebih harga transportasi yang melambung naik.

Jangan lupa untuk lakukan perhitungan biaya jika mudik menggunakan mobil pribadi seperti pengeluaran buat bensin dan pengeluaran lainnya. Jika menggunakan transportasi umum seperti bus, pesawat, atau kereta api, carilah promo tiket agar bujet mudik kamu lebih murah.

  • Dana Darurat

Pos yang tidak kalah penting saat menjelang lebaran yang harus dipersiapkan adalah dana darurat. Dana darurat akan membantu kamu melewati saat terjadi keadaan yang tak terduga. Dana darurat ini bisa disimpan dalam bentuk cash atau disimpan di bank. Tetapi pastikan bank tersebut memiliki jaringan di daerah pedesaan atau di daerah yang akan kamu kunjungi. Sebab tidak semua bank memiliki ATM di daerah pedesaan atau daerah yang jauh dari kota.

  • Biaya makanan lebaran

Menjelang Idul Fitri penting juga untuk mempersiapkan biaya untuk makanan lebaran seperti kue lebaran, bahan makanan di hari learan, hingga minuman ringan untuk menjamu sanak saudara yang berkunjung. Agar bisa menekan bujjet makanan lebaran, ada baiknya kamu membuat sendiri makanan lebaran yang diinginkan. Buat daftar hidangan lebaran Idul Fitri yang mau dibuat dan buat daftar belanjaan. Manfaatkan diskon dan promo di supermarket untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here