Ketahui Lebih Dini Gejala Virus Corona untuk Mencegah Penularan

0
36
gejala viruss corona
Ketahui Lebih Dini Gejala Virus Corona untuk Mencegah Penularan

Picolozine.com, Mengenali gejala virus corona sejak dini dapat membantu mencegah kondisi yang lebih parah. Selain itu memeriksakan gejala tersebut kepada tenaga medis juga bisa menekan penularannya. Virus corona atau yang dikenal dengan covid-19 kini telah menjadi pandemi yang menyerang hampir seluruh negara. Indonesia merupakan salah satu negara yang juga terjangkit.

Menghadapi virus yang menyerang pernafasan namun dapat berakibat mematikan ini, pemerintah menyarankan untuk seluruh masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah dan menjaga jarak jika harus berada di luar rumah.  Namun pemerintah juga menyarankan bagi masyarakat yang memiliki gejala-gejala segera memeriksakan ke fasilitas kesehatan.

Berikut beberapa gejala virus corona yang terbilang cukup ringan:

1. Hidung berlendir

2. Batuk

3. Sakit kepala

4. Demam

5. Nyeri Sendi

Itulah beberapa gejala ringan virus corona, beberapa dapat menyebabkan gejala yang lebih parah. Infeksinya dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia (disebabkan oleh COVID-19), yang mengakibatkan gejala seperti:

1. Demam yang mungkin cukup tinggi bila pasien mengidap pneumonia

2. Batuk dengan lendir

3. Sesak napas

4. Nyeri dada atau sesak saat bernapas dan batuk

Infeksi bisa semakin parah bila menyerang kelompok individu tertentu. Contohnya, orang dengan penyakit bawaan seperti penyakit jantung atau paru-paru, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, bayi, dan lansia. 

Meningkatnya kasus positif corona di Indonesia terus meningkat. Hingaa saat ini kasus positif telah mencapai angka 11ribu kasus, adapun 1.954 orang telah dinyatakan sembuh dan kasus meninggal sebanyak 864 jiwa. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mereka yang terinfeksi virus corona seperti yang disebutkan di atas.

Pemerintah terus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai virus corona. Sebaiknya setiap orang ketahui sehingga bisa membatasi diri dan tak menjadi pembawa virus yang baru. Belakangan, muncul gejala baru virus corona termasuk gatal-gatal, kulit merah yang menyakitkan, dan sesuatu yang mirip dengan radang dingin, yang telah terlihat pada beberapa pasien positif Covid-19.

Masyarakat yang mengalami berbagai gejala virus corona sebaiknya memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Hal itu agar menghindari kondisi yang lebih parah. Tenaga medis akan memeriksakan kondisimu, jika memang mengindikasi ke arah virus covid-19 maka akan disarankan untuk tes lebih lanjut di fasilitas kesehatan rujukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here