Ketahui Makanan yang Mengandung Kalsium Selain Susu

0
45
Susu mengandung kalsium
Kalsium pada susu

Picolozine.com, Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Ada beberapa makanan yang mengandung mineral ini, seperti susu, ikan, kacang, dan juga sayuran.

Di dalam tubuh, mineral ini diperlukan tulang dan gigi. Tapi bukan berarti tidak mengalir ke bagian yang lainnya. Karena 1 persen diantaranya akan tersebar di darah, sel-sel otot, serta jaringan tubuh lainnya.

Untuk memastikan agar kebutuhan mineral ini di tubuh kamu tercukupi, kamu harus tahu beberapa makanan yang mengandung mineral selain susu. Yuk disimak.

Ikan Sarden

Kalsium ada pada ikan sarden
Ikan sarden kaya akan kalsium

3 ons dari ikan sarden akan mengandung kecukupan mineral sebanyak 325 mg. Ikan sarden bisa kamu dapatkan dalam ikan segar maupun dipanggang. Ikan sarden juga memiliki rasa yang enak, jika diolah dengan lebih bervariasi kamu akan menyukainya.

Ikan Salmon

Ikan salmon juga jadi salah satu jenis makanan yang mengandung mineral ini. Dalam 3 ons ikan salmon yang sudah dimasak akan ada sekitar 180 mg asupan mineral ini.Selain itu, di dalam ikan salmon juga terdapat vitamin D yang juga berfungsi baik untuk kesehatan tulang.

Brokoli

Pada 50 gram sayuran brokoli setidaknya mengandung 30 mg mineral yang diperlukan tulang ini. Agar kamu bisa sering mengkonsumsi brokoli, kamu bisa menjadikannya sebagai camilan dengan direbus terlebih dahulu. Tentu ini akan menjadi camilan sehat di saat jam kerja. Janngan merebus brokoli terlalu lama ya, agar kandungan vitaminnya tetap terjaga.

Pok choy kecil

Sayuran hijau yang satu ini sering disajikan dengan cara ditumis. Meskipun kecil, Pok choy ini mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.

Bayam

Daftar sayuran selanjutnya adalah bayam. Kamu bisa merebusnya tanpa menambahkan bumbu apapun untuk menjadikannya semakin sehat. Tenang saja, rasanya enak kok.

Almond

Almond mengandung kalsium
Kacang almond kaya akan kalsium

Kamu pasti sering menemukan kacang almond pada campuran coklat yang sering kamu beli. Mengkonsumsi kacang almond bsia mencukupi kebutuhan tubuh kamu, gak cuma enak tapi juga sehat pastinya.

Tahu

Tahu dikenal mengandung protein nabati dan kaya akan kalsium lho. Tahu bisa kamu olah menjadi makanan apa dan dipastikan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Biji wijen

Biji wijen ini biasanya dijadikan pelengkap pada makanan saja. Ternyata dalam satu sendok biji wijen mengandung 160 mg kalsium, lho. Kecil-kecil tapi menyehatkan ya.

Susu kedelai

Kamu yang tidak bisa mengkonsumsi susu biasa, bisa meminum susu kedelai demi tercukupinya kebutuhan tubuh kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here