Ketahui Manfaat Jahe Merah Membantu Kesehatan Tubuhmu

0
8
Manfaat Jahe Merah
Ketahui Manfaat Jahe Merah Membantu Kesehatan Tubuhmu

picolozine.com, Ditengah pandemi Virus Covid-19, manfaat jahe merah disebut bisa meningkatkan imun tubuh untuk melawan virus tersebut. Semua masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman obat satu ini. Jahe salah satu jenis tanaman rimpang atau Rhizoma ini memang seringkali dijadikan sebagai campuran minuman atau rempah masakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, dengan mengonsumsi jahe, tubuh akan menjadi lebih hangat dan lebih kuat.

Tahukah kalian jika tanaman jahe juga memiliki berbagai jenis yang berbeda? Beberapa di antaranya bahkan memiliki khasiat yang lebih ampuh untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh agar tetap prima. Salah satu jenis jahe yang tidak banyak orang tahu memiliki berbagai manfaat saat dikonsumsi adalah Jahe merah. Memiliki tampilan dan cita rasa yang lebih kuat dari jahe biasa, Jahe merah tentu memiliki khasiat yang lebih manjur untuk meredakan berbagai penyakit.

Betikut manfaat jahe merah yang mampu meredakan berbagai jenis penyakit berikut ini.

1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Memiliki sensasi hangat saat dikonsumsi, jahe merah sering dijadikan pilihan saat mengalami gejala sakit tenggorokan atau batuk. Kandungna flavonoid di dalam jahe menjadi alasan mengapa jahe merah banyak dijadikan penawar untuk batuk atau peradangan di tenggorokan. Secara umum, kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti peradangan. Jadi, tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.

2. Meredakan Sakit Kepala

Jika kalian sering merasakan sakit kepala yang mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari? Tak perlu mencari obat yang dapat memberikan efek samping. Pasalnya, jahe merah dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah yang seringkali dianggap sepele namun sangat mengganggu tersebut.

Kandungan kamfena, cita rasa pedas, serta efek menghangatkan pada tubuh, jahe merah efektif untuk dijadikan penawar saat sakit kepala menyerang. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan merebus jahe merah dan meminum air rebusan tersebut. Tak butuh waktu lama, sakit kepala akan hilang dan aktivitas pun dapat dilakukan dengan semestinya. 

3. Menghindari Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Banyak data yang menyatakan bahwa jumlah kematian akibat penyakit jantung adalah yang tertinggi di dunia. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar kolesterol dan trigliserida yang terlalu tinggi pada tubuh. Dengan menjadikannya sebagai konsumsi rutin sehari-hari, kadar kolesterol dan trigliserida dapat diturunkan. Oleh karena itu, jika ingin terhindar dari penyakit jantung kalian bisa mencampurkan jahe merah pada minuman atau masakan setiap hari.

4. Kesehatan Lambung dan Pencernaan

Belum berhenti sampai disitu, manfaat jahe merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan lambung dan pencernaan. Berbagai masalah kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsi jahe merah. Bahkan, infeksi dan juga luka yang ada pada lambung dapat disembuhkan dengan jahe merah.   Jahe merah dipercaya mampu menjaga jumlah asam dalam lambung agar tetap stabil. Dengan stabilnya kandungan asam dalam lambung, rasa mual serta keinginan untuk muntah dapat dikurangi.

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Salah satu alasan mengapa jahe merah layak untuk dijadikan konsumsi rutin. Pengonsumsi rutin jahe merah akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat karena rempah tersebut dapat melawan virus serta bakteri yang hendak menyerang sistem imunnya. Sistem imun menjadi penentu utama bagi makhluk hidup agar menjadi lebih kebal terserang penyakit.

Saat daya tahan tubuh lemah, penyakit akan lebih mudah hinggap pada seseorang. Nah, bagi Anda yang merasa memiliki daya tahan tubuh yang rentan, tidak ada salahnya untuk mencoba rutin mengonsumsi jahe merah. Inilah salah satu manfaat jahe merah yang dibanyak digunakan masyarakat Indonesia melawan penyebaran virus corona.

Itulah beberapa manfaat jahe merah yang cukup ampuh membantu kalian. Selain menjaga imun tubuh, kandungan yang dimiliki jahe merah juga ternyata memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal. Kalian juga bisa membaca artikel kesahatan lainnya melalui majalah tempo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here