Konsumsi Buah di Malam Hari, Sehatkah?

0
83
Ngemil buah di malam hari
Tips makan buah di malam hari

Picolozine.com, Sebagian orang banyak yang bertanya apakah ngemil buah di malam hari aman untuk kesehatan. Apalagi jika kondisi perut lapar dan butuh camilan untuk dilahap. Jam-jam sebelum tidur memang rentan merasa lapar.

Makan camilan yang tidak sehat sebelum tidur memang tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan berat badan kamu terganggu. Selain itu juga bisa mengganggu kualitas tidur dan mengganggu kondisi pencernaan kamu juga.

Ini akan berbeda jika kamu mengganti ngemil tak sehat kamu dengan makan buah karena tidak akan memberikan risiko tubuh kamu menggendut kok.

Meskipun masih menjadi perdebatan, ngemil buah sebelum tidur juga ada aturannya. Jangan sampai terlalu dekat dengan waktu tidur. Jika ingin makan, harus makan 3 jam sebelum tidur dan jangan lewat.

Konsumsi buah sebelum tidur
Makan buah malam hari

Jika makan persis sebelum tidur, akan banyak gula yang masuk dalam tubuh kamu. Selanjutkan terjadi lonjakan energi ketika tubuh hendak beristirahat. Tetapi buat kamu yang sedang menjalankan diet dan merasa lapar sebelum tidur, tidak masalah makan buah asal tidak banyak. Ini agar menghindari camilan tidak sehat.

Buah-buahan juga tidak dianjurkan dimakan dengan makanan lain. Keduanya juga harus memiliki jarak agar tidak berefek buruk pada sistem pencernaan kamu.

Tetapi tidak semua buah-buahan baik dikonsumsi di malam hari seperti buah yang memiliki rasa asam karena bisa menimbulkan masalah di perut kamu. Lalu, jenis apa saja yang baik dimakan? Berikut detailnya.

Makan buah sebelum tidur di malam hari
Makan buah di malam hari

Apel

Daripada ngemil biskuit di malam hari, jauh lebih baik jika kamu memilih apel. Tubuh kamu tidak akan terbebani oleh kalori atau kabohidrat. Di malam hari tubuh tidak butuh banyak energi sehingga tidak perlu mengkonsumsi makanan yang berat. Apel juga bisa mengenyangkan, satu saja sudah bisa menghilangkan rasa lapar kamu.

Pisang

kandungan gizi dan manfaat pada pisang tentu tak perlu kamu ragukan lagi. Di dalam pisang ada kandungan zat triptofan dan asam amino yang berfungsi meningkatkan hormon melatonin. Zat ini juga bisa menyembuhkan insomnia, lho. Melatonin ini punya fungsi utaman untuk membantu menjaga kualitas tidur kamu agar sehat. Sudah dipastikan ngemil pisang sebelum tidur akan membantu meningkatkan kualitas tidur kamu.

Melon

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, konsumsi buah melon saja. Sebab kandungan sodium di dalam melon sangat rendah. Melon juga bebas lemak, rendah kalori, dan bebas kolesterol. Perut kamu akan kenyang setelah makan melon karena kandungan airnya sangat tinggi.

Pepaya

Pepaya ternyata baik dimakan sebelum tidur karena bisa memberi efek yang bagus untuk kualitas waktu istirahat kamu.

Kandungan lycopene yang terkandung dalam pepaya merupakan jenis antioksidan yang penting untuk tubuh. Tentu saja kamu akan bersemangat melakukan aktivitas sehari jika punya kualitas tidur yang baik.

Mangga

Tubuh harus terbebas dari kolesterol jahat yang bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh kamu. Kamu bisa konsumsi mangga jika ingin menurunkan kadar kolesterol yang menumpuk lho. Mangga mengandung serat, vitamin C dan pactin yang cukup tinggi.

Jeruk

Buah jeruk mengandung nutrisi dan zat-zat baik yang juga penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut bisa meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Makan jeruk juga gak akan bikin berat badan kamu bertambah.

Pir

Pir juga masuk dalam daftar camilan sehat yang bisa kamu konsumsi di malam hari. Makan pir sebelum tidur akan menghindarkan kamu dari rasa lapar dan bisa membuat tubuh kamu lebih segar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here