Kurangi Nyeri Payudara Saat Haid dengan Tips Berikut Ini

0
83
Nyeri payudara ketika haid
Tips mengurangi nyeri payudara saat haid

Picolozine.com, Nyeri payudara saat menstruasi adalah hal wajar yang sering dialami oleh wanita. Tidak hanya itu, ketika periode menstruasi buah dada juga rasanya membengkak. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh tidak seimbang.

Melonjaknya jumlah progesteron, kelenjar susu dan saluran dada pun membesar. Nyeri di sekitar dada juga turut disebabkan oleh hormon estrogen dengan rasa sakit yang menjalar hingga ke ketiak.

Tenang saja, permasalahan ini tentu bisa diatasi. Berikut tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi nyeri payudara ketika haid.

Gunakan bra yang longgar

Pilih bra yang nyaman untuk kurangi nyeri payudara
Memilih bra yang longgar bisa mengurangi nyeri payudara

Saat menstruasi, penggunaan bra yang ketat bisa membuat nyeri di sekitar dada semakin parah dan membuat kamu semakin tidak nyaman ketika beraktivitas. Pilihlan beha yang nyaman dan longgar.

Kurangi kafein

Saat PMS usahakan untuk mengurangi asupan kafein karena ternyata bisa menyebabkan nyeri semakin parah. Kamu bisa menggantinya dengan lebih banyak minum air putih atau teh hangat agar tubuh kamu semakin terasa nyaman untuk beraktivitas.

Kurangi garam dan makanan tinggi sodium

Ketika menstruasi ada baiknya jika kamu menghindari makanan yang mengandung sodium tinggi dan juga garam. Hal ini dikarenakan asupan dari dua nutrisi tersebut bisa meningkatkan kadar retensi air di tubuh kamu. Sehingga menyebabkan buah dada kamu semakin nyeri dan bengkak.

Nyeri payudara bisa dikurangi dengan menghindari garam
Kurangi konsumsi garam agar nyeri payudara berkurang

Penelitian juga sudah membuktikan bahwa rasa nyeri saat menstruasi bisa berkurang ketika mengurangi konsumsi asupan garam dan sodium pada makanan. Pengurangan konsumsi garam dan sodium ini bisa kamu lakukan mulai dari 10 – 15 hari sebelum haid.

Konsumsi obat pereda nyeri

Konsumsi obat pereda nyeri merupakan solusi yang cenderung instan dan lebih banyak disukai oleh wanita. Sebab, hampir seluruh badan merasa nyeri ketika masa menstruasi. Ada baiknya kamu tidak mengkonsumsi obat pereda nyeri dengan rutin karena bisa menyebabkan ketergantungan.

Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi buah dan sayur juga penting dan dianjurkan agar nyeri saat PMS tidak timbul terlalu sakit.

Sebenarnya nyeri payudara ketika menstruasi adalah wajar. Rasa nyeri ini akan hilang seiring dengan berakhirnya masa haid. Akan tetapi ketika terus berlanjut, tentu saja kamu harus memeriksakannya ke dokter, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here