Lakukan 5 Hal Ini Untuk Kesehatan Reproduksi

0
15
tips ampuh menjaga kesehatan reproduksi
kesehatan reproduksi sangat perlu diperhatikan

picolozine.com, Kesehatan reproduksi sering kali dikaitkan sebagai urusan wanita saja. Ini dikarenakan masih banyak anggapan bahwa kesehatan reproduksi hanya terkait dengan kehamilan dan kelahiran. Padahal kesehatan reproduksi juga sama penting bagi pria. Sehingga perlu perhatian agar bisa mempertahankan keturunan.

Pria dan wanita memiliki sistem reproduksi yang berbeda. Perbedaan tersebut terletak dari segi bentuk maupun struktur yang mendukung. Pria memiliki organ reproduksi, meliputi penis, testis dan skrotum (buah zakar). Sedangkan pada wanita, organ reproduksinya meliputi vagina, uterus (rahim), ovarium, tuba falopi, dan vulva.

Kedua sistem reproduksi, baik pria maupun wanita, sama-sama dirancang untuk dapat menghasilkan, melindungi, serta mengangkut sel telur atau sperma. Namun secara khusus organ reproduksi wanita memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan kehamilan serta menjadi tempat tumbuh kembangnya janij sampai waktunya lahir.

Sistem reproduksi adalah sistem yang paling rapuh dalam tubuh. Kenyataannya masih banyak orang yang belum menyadarinya. Padahal kesehatan reproduksi harus sangat dijaga. Karena sangat memungkinkan untuk mengalami gangguan apabila tidak diperhatikan dengan baik. Seperti kesulitan memperoleh keturunan.

penting menjaga kesehatan reproduksi
tips menjaga kesehatan reproduksi

Berikut 5 hal yang perlu dilakukan untuk kesehatan reproduksi:

1. Merawat kebersihan kelamin

Komitmen untuk menjaga kesehatan reproduksi bisa diwujudkan dengan merawat kebersihan kelamin. Alat kelamin yang kotor dapat meningkatkan resiko gangguan kerja sistem reproduksi dan mengakibatkan penyakit. Selain itu, alat kelamin yang tidak terawat tentu menghambat hubungan seks.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawat kebersihan kelamin:

  1. Membersihkan alat kelamin setiap kali setelah berkemih serta sebelum dan sesudah berhubungan seksual.
  2. Memastikan area genital selalu dalam keadaan kering dan tidak lembab.
  3. Menghindari penggunaan bahan yang meyebabkan iritasi pada kulit kelamin, seperti sabun wangi, sabun sirih, deodorant, dan bedak.
  4. Mengganti celana dalam yang dapat menyerap keringat setiap hari.
  5. Melakukan sunat untuk pria, yang bertujuan untuk menghindari penumpukan kotoran pada kulit kulup dan beresiko infeksi bakteri di penis.

2. Makan makanan sehat

Kesehatan reproduksi juga dipengaruhi oleh makanan yang kita makan sehari-hari. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi, mempengaruhi tubuh menjadi semakin sehat dan bugar. dr. Natalie Burger, dokter kandungan (Obgyn) di Texas Fertility Center mengatakan bahwa asupan nutrisi yang tepat dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel sperma dan telur yang sehat dan berkualitas. Untuk itu perlunya memperhatikan prinsi gizi seimbang dalam makanan yang mencakup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.

3. Menerapkan seks yang aman

Kebanyakan orang berpikir bahwa berhubungan seks yang aman adalah dengan memakai kondom. Memang tidak salah, hanya terlalu berfokus pada hal tersebut. Padahal seks yang aman adalah segala bentuk tindakan pencegahan untuk melindungi diri dan pasangan dari penyakit menular. Juga dapat didefinisikan sebagai upaya menghindari kehamilan yang tidak direncanakan.

Perilaku seks yang aman adalah:

  1. Menggunakan alat kontrasepsi (kondom atau pil KB).
  2. Menjaga kebersihan alat kelamin.
  3. Memeriksa riwayat seksual diri dan pasangan.
  4. Melakukan tes penyakit kelamin secara berkala.
  5. Tidak bergonta-ganti pasangan dalam satu waktu.

4. Melakukan konsultasi secara rutin

Sering kali orang-orang baru memeriksa kesehatan reproduksinya saat berencana akan hamil. Padahal memeriksa sistem reproduksi harus dilakukan secara rutin. Tujuannya untuk mencegah berbagai penyakit yang muncul tanpa gejala di kemudian hari.

Pemeriksaan kesehatan reproduksi yang paling umum dilakukan adalah darah, urin, USG, HSG, dan tes sifilis.

5. Menerapkan hidup sehat

Kunci menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk kesehatan reproduksi adalah menerapkan gaya hidup sehat. Caranya adalah tidak merokok, tidak minum minuman keras, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup. Olahraga dapat membantu tubuh tetap bugar. sedangkan tidur adalah cara paling alami tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here