Lakukan Olahraga Bersama Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

0
6
Olahraga bersama anak
Lakukan Olahraga Bersama Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

picolozine.com, Untuk mengisi waktu, kamu bisa lakukan olahraga bersama anak dengan santai di rumah saja. Olahraga teratur bisa menjaga kesehatan anak dan menghindar dari berbagai penyakit. Cuaca yang tidak menentu dan pandemi Covid-19 saat ini membuat para orang tua khawatir dan urung mengajak buah hatinya berolahraga. Bagi para orang tua, terutama ibu bisa mencari ide-ide olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah.

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, misalnya menjaga kesehatan tulang, melancarkan peredaran darah, mengatur pernafasan dan menjaga imunitas tubuh. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah penularan virus di masa Pandemi Covid-19.

Inilah olahraga bersama anak dengan santai yang bisa dilakukan rumah :

1. Senam

Senam adalah olahraga yang sangat mudah dilakukan di rumah. Orang tua bisa mengajak anaknya senam di ruang keluarga. Jadilah instruktur senam untuk anakmu dengan melakukan gerakan-gerakan peregangan dari leher sampai ke kaki serta gerakan lain seperti sit up, jumping dan lainnya. Melakukan senam di halaman luar pada pagi hari juga sangat baik. Anak bisa mendapatkan sumber vitamin D dari sinar matahari pagi.

2. Lempar Bola

Lempar bola merupakan olahraga yang juga bisa melatih motorik pada anak. Ini bisa mengetes ketangkasan dan kecepatan gerak serta mata anak dalam melempar serta menangkap bola. Caranya, ajak si Kecil duduk berhadapan dengan Ibu pada jarak tertentu. Misalnya, 1-3 meter. Setelah itu, tentukan orang pertama yang melempar bola. Tim tersebut harus melempar dengan tepat ke arah tim lawan. Sebaliknya, tim lawan harus berhasil menangkap bola yang dilempar.

3. Lompat Tali

Olahraga bersama anak yang santai dan mudah dilakukan lainnya dirumah adalah lompat tali. Ini sangat bagus melatih keseimbangan tubuh dan ketahanan otot dengan bermain lompat tali. Gunakanlah tali yang ringan dan mudah digenggam oleh anak. Lompat tali juga termasuk olahraga aerobic yang bisa menurunkan tekanan darah serta memperbaiki kualitas tidur.

4. Hula Hoop

Hula hool merupakan rotan berbentuk lingkaran yang dijadikan alat untuk berolahraga. Anak-anak biasanya sangat suka melakukan permainan ini dengan cara memutarkan alat hula hoop pada pinggang dan kemudian badan ikut berputar. Olahraga ini memang membutuhkan latihan terlebih dahulu untuk bisa fokus dan menjaga keseimbangan agar bisa bermain hula hoop tanpa jatuh.

5. Menari dengan Musik

Ini adalah olahraga santai yang disukai oleh anak, menari atau dikenal dengan dancing olahraga yang bisa melatih motorik anak. Ibu bisa mengajarkan anak gerakan-gerakan mudah dengan lagu tradisional atau lagu pop. Anak akan gembira dan asyik menggerakan badan yang membuatnya senang juga sehat.

Para bunda, itulah beberapa olahraga bersama anak yang ringan dilakukan dirumah serta menyenangkan. Hal itu bisa mengajarkan mengenai pentingnya menjaga kesehatan pada anak sejak dini. Berolahraga di masa pandemi juga sangat baik menjaga imunitas tubuh anak terhindar dari virus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here