Lakukanlah Langkah-Langkah Perawatan Rambut yang sesuai dengan Jenisnya

0
28
merawat rambut
merawat rambut

picolozine.com, Semestinya setiap orang yang telah melakukan perawatan rambut bisa mempunyai rambut seperti yang mereka inginkan. Namun, sebagian orang tidak mendapatkan hasil yang setara dengan apa yang telah mereka lakukan. Hal ini mungkin disebabkan pada kesalahan menerapkan langkahnya.

Ada banyak jenis rambut yang dimiliki manusia. Anggapan mencoba perawatan yang sama dengan yang dilakukan orang lain akan mendapat hasil yang sama masih dipercaya kebanyakn orang. Sebaiknya kita merawat rambut sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki. Berikut cara merawat rambut sesuai dengan jenis rambut:

  1. Jenis Rambut berminyak

Jika kamu memiliki rambut yang mudah kotor, lepek, dan terasa berminyak, itu tandanya rambut yang kamu miliki adalah jenis rambut berminyak. Terdapat banyak penyebab rambut menjadi berminyak, seperti produksi minyak yang berlebih, faktor genetic (keturunan), stres, kurangnya konsumsi gizi, rambut dan kulit kepala jarang dicuci. Jika rambut berminyak tidak dirawat dengan benar, maka akan mudah rontok dan kulit kepala mudah terkena ketombe.

Cara perawatan rambut yang cocok untuk rambut berminyak adalah mencuci rambut setiap hari sehingga kotoran tidak menumpuk di kulit kepala. Memakai sampo yang khusus ditujukan untuk rambut berminyak. Menggunakan sampo bayi juga bisa dijadikan pilihan.

Berikut hal yang harus di hindari agar tidak membuat kadar minyak di kulit kepala meningkat:

  • Hindari untuk mencuci rambut dengan air hangat.
  • Menggunakan kondisioner di batang rambut.
  1. Jenis Rambut patah dan rusak

Rambut jenis ini tampak kusam, sangat mudah patah, dan ujungnya bercabang. Penyebab rambut menjadi patah dan rusak biasanya karena terlalu sering mengalami perombakan atau perubahan seperti pewarnaan, rebonding (pelurusan rambut), pengeritingan, dan sebagainya.

Proses-proses kimia pada rambut tersebut harus dihentikan, agar tidak bertambah parah. Lalu, gunakan produk sampo yang mengandung ginseng dan protein kompleks. Kandungan kedua bahan pada sampo ini dapat memperkuat rambut. Dengan melakukan perawatan yang benar dan teratur, rambut patah dan rusak dapat kembali sehat.

  1. Jenis Rambut kering

 Memiliki rambut yang tampak kaku, kusam, sulit diatur, dan mudah patah adalah ciri-ciri rambut kering. Memberikan kelembapan yang ekstra adalah perawatan rambut yang tepat dilakukan untuk jenis rambut kering. Gunakanlah sampo yang mengandung yogurt. Hal ini dikarenkan yogurt diyakini menyehatkan dan dapat melembutkan rambut.

  1. Jenis Rambut normal

Ciri-ciri rambut ini adalah kuat, lembut, mengembang, dan berkilau. Bedasarkan dari ciri-cirinya, bisa diketahui bahwa rambut jenis ini merupakan rambut sehat yang tidak memerlukan perawatan rambut esktra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here